PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TEBAK GAMBAR

Nur Annisa Fitri, Saudah Saudah, Aghnaita Aghnaita, Muzakki Muzakki, Nurmiti Nurmiti

Abstract


Cognitive development is the development of the mind for understanding, reasoning, knowledge and understanding. Every day in their lives children experience mental development, such as learning to know people, getting to know things and learning new abilities. The aim of this research is to describe the cognitive development of children aged 5-6 years through the picture guessing game at Mekar Sari Kindergarten. This research uses a qualitative type of research. The research data sources include primary data sources, namely: class teachers, accompanying teachers, Mekar Sari Kindergarten children aged 5-6 years, class B 1. The secondary data sources are: the Principal of Mekar Sari Kindergarten and document data in the form of: RPPH, RPPM, assessment sheet on children's cognitive development in the picture guessing game, photos of activities during the picture guessing game. Furthermore, data collection techniques include: interviews, observation and documentation. The results of this research show that the picture guessing game to develop children's cognitive abilities at Mekar Sari Muara Tuhup Kindergarten is through the picture guessing game, children are able to introduce the letters ABCD, children are able to distinguish between the largest and smallest shapes, children's abilities and knowledge about the game guess the picture. And there are 5 children who are developing very well (BSB) and there are 3 children who are starting to develop (MB) 2 are not yet developing (BB) 3 are developing according to expectations (BSH) out of the 13 children.


Keywords


Perkembangan Kognitif, Anak Usia Dini, Permainan Tebak Gambar.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad Susanto, 2011. Perkembangan anak usia dini Hal 59-60.

Aisyah, 2019. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Menklasifikasikan Benda dalam Tiga Kategori Bentuk warna dan ukuran di Kelompok TK B Negeri Lalowaru Jurnal Pendidikan Anak (2) 73.

Al Quran Surah Al Alaq ayat 1-5, Al Quran dan Terjemahan, Departemen Agama RI Jakarta Hal 96.

An-Nahdah, 2017. Perencanaan Pembelajaran pada Anak Usia Dini. Jurnal ilmiah Keagaman dan Kemasyarakatan (2) 203-232

Anggraeni Ni, Mawati, 2014. Studi Kemampuang Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Satu,Dua dan Tiga Kategori ( Warna, Bentuk dan Ukuran).pada Kelompok B TK Gugus II Kecamatan Kretek Bantul. Skripsi diterbitkan.

Candu gayuk sheril dkk, 2021. Improving The Ability To Recognize Number Symbols Through The Manipulative Numbers Dice Game In Children Ages 3-4 Years (5),

Charolina sulistiowati, 2014. Pengaruh Permainan Ice breaking. Skripsi tidak diterbitkan Skti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhamadiyah Puwokerto.

Dewi Marpirah, 2014. Kemampuan Mengenal Pola ABCD dengan Media Gambar di Taman Kanak-Kanak PGRI Karya Nilam Ketapang. 3 hlm 02.

Diah Ratna Fitriastutik 2010. Efektivitas Booklet dan Permainan Tebak Gambar Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.

Diana Vidiya Fahriyani, 2016. Perkembangan Kreativitas Anak Usua Dini Jurnal Pemikiran Penelitian dan Pendidikan dan Sains 4 (2). 194.

Elfiandi, 2016. Dosen Prodi PGRA Jurusan Tarbiyah STAIN Maliku saleh Lhokseumawe Jurnal Bermain dan Permainan Bagi Anak Usia Dini 7 (1).

Fatimah Ibda, 2015. Perkembangan Kognitif Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita Kajian Pendidikan, Manajemen, Supervisi, Kepemimpinan, Psikologi dan Konseling 3 (1) .

Febrian.,2020. Peningkatan Kemampuan Megenal Huruf Melalui permainan Helm Kartu Huruf..Skrpsi diterbitkan Pendidikan Guru Pedidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Feny Nida Fitriyan, 2017. Perkembangan Bermain Anak Usia dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2(02) 131-132.

(2). hlm 171.

Helmita, 2019. Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Permainan Tebak Gambar di Kelompok PAUD DI Bintang 9 Kelurahan Lalolara Kec Kambu kota Kendari, Jurnal Smart PAUD 2(2) hlm 93.

Hj. Rahlini, 2018. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial. Meningkatkan Kemampuan Kognitif anak dalam Mengurutkan Benda Dari Ukuran Terkecil Ke Terbesar dengan Media Gambar di Kelompok A TK Dewi Sartika Kecamatan Pandawan 4 (2). 23.

Ikha Putri Rangkuti. 2019. Skripsi tidak diterbitkan. Pengaruh Media Gambar Terhadap Kecerdasan Visual Spasial Anak 5-6 Tahun Di Ra Al- Musthafawiyah Kelurahan Sidoarjo Kecamatan Medan Tembung, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Ismi Tiara dkk. 2022.Pemahaman Guru Dalam Proses Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini Jurnal PERNIK PAUD, 5(2).

Laksmiati. MC., 2018. Skripsi diterbitkan Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Papan Planel di Taman Kanak-Kanak Kasih Bunda. Universitas Islam Raden Itan Lampung.

Leny Marinda, 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematika pada Anak Usia Sekolah Dasar.

Leny, M. 2020. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Problematikanya Pada Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Perempuan dan Keislaman 13 (1) 121-122.

Lina Dina Lestari, 2020. ,Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak melalui Bermain Jurnal Pendidikan Anak 9 (2).

Marpirah. 2021.Skripsi diterbitkan Kemampuan Mengenal Pola ABCD dengan Media Gambar di Taman Kanak- Kanak PGRI Nilam Ketapang.PG PAUD FKIP Untan Pontianak.

Masyah dkk, 2017. Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bermain Tebak Gambar Pada Anak Kelompok A1 di PAUD Kemala Bengkulu Utara. Jurnal ilmiah Potensia

MH Supriyono. 2013. Skripsi Tidak diterbitkan. Metode Penelitian, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Milianoor, 2016. Upaya Mengembangkan Kognitif dalam Mencocokan Bilangan dengan Lambang Bilangan Melalui Model Make A Match di Kelompok B TK Aisyiyah 6 Banjarmasin 2 (2).

Minwanur Rohman, 2014. Teori Kognitif Dalam Al- Quran. Jurnal Pustaka.

Moh Fauziddin, 2018., Useful OfHand Games For Optimalize Cognitive Aspects in Early Childhool Education. Jurnal Obsesi: Pendidikan Anak Usia Dini. 2(2) 162-169.

Mutiara Anisabela, 2022. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, Penggunaan Media loose Parts untuk Mengembangkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran pada anak. 2 (1).

Naili rohmah, 2016. Bermain dan Pemanfaatanya dalam Perkembangan Anak Usia Dini. jurnal Tarbawi pendidikan islam 13 (2).

Nizar Arif Lauzuardi, 2016. Hubungan Perkembangan Kemampuan Kognitif Adaptif Dengan Pendidikan Anak Usia Dini ( PAUD) Nonpormal. Jurnal Kedokteran diponegoro. 5 (4).

Norhafizah dkk, 2017. Jurnal Ilmiah dan Pendidikan dan Sosial. Upaya Mengembangkan Aspek Kognitif Menunjukan Aktivitas yangBersifat Eksploratif dan Menyelidik Melalui Metode Sederhana Membuat Ice Cream di TK Maidnaturahman Banjarmasin 4 (1).

Novia Paramita, dkk 2019., Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penerapan Permainan Sains. Jurnal Kumara Cenderkia. 7 (2) hlm 129.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia Nomor 146 tentang Kurikulum 2013 Pendiidkan Anak Usia Dini. 201. Jakarta: Kementrian Pendidikan.

Putu Ayu Cintya Pratiwi. 2020. Jurnal ForLesson and Learning Studies. 3(3) 417-418.

Rahayu. 2019. Pengaruh Permainan Tebak Gambar Terhadap Kedisiplinan Anak Usia 5-6 Tahun di TK AL- Fajar Desa Kuta Galuh Kecamatan Lawe Bulan Aceh Tengara Skripsi diterbitkan . uin Universitas Islam Negeri Sumatra Utara.

Rinayanti dkk. 2016. Upaya Guru Dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Permainan Tebak Gambar di Pendidikan Anak Usia Dini Mekar Sari. Skripsi tidak diterbitkan. Kecamatan Rasau Jaya

Sandu Siyoto, Ali Sodik. 2015.Dasar Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Saputra, 2018., Pendidikan Anak Usia Dini.Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri STAIN Tengkuh Direng Meulaboh.

Sari Indah Permata. 2016. Skripsi tidak diterbitkan Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Permainan Melipat Origami Pada Siswa Kelompok B2 TK Goemerlang Sukarame Bandar Lampung.

Siti Aisyah Mu’ min. 2013. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al – Ta’dib. 6 (1). 90-91.

Siti Nur Indah Budiarti, 2020.Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual, Penetapan Permainan Tebak Gambar dan Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok A1 Negeri Pakuden 1 Kota Belitar. (4) 286.

Sriyani dkk,2022. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengembangan Pembelajaran, Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Membuat Pola ABCD Sate Buah 1(2) 48-55.

Sukirman, 2012. Jurnal Hubungan Antara Perkembangan Kognitif Anak dan Pemerolehan Bahasa. Jurnal (14) 1.

Sumarsih,2017 Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui bermain gambar pada anak kelompok a . Jurnal Ilmiah Potensia.2 (2) hlm 107

Suryadi, 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosain, Bandung PT Rosdakarya.

Toala dkk, STKIP Kusuma Negara II,Upaya Meninkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Ukuran Perbandingan Lebih Dari kurang dari melalui memdia manifuatif

Tresnawai Dewi, 2018. Perencanaan Game Edukasi Tebak Gambar. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknoligi Garut (15) 1.

Vivi Wulandari, 2018. Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasikan Melalui Bermain Konstruktif Sifat Padat Jurnal Ilmiah Potensia, 3 (2) 72-77.

Wd Helmita. 2019. Meningkatkan Daya Ingat Anak Melalui Permainan Tebak Gambar di Kelompok B PAUD Bintang Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu Kota Kendari. Jurnal Smart PAUD 2 (2). hlm 93.

Wildhayanti Rahmi , 2020. Skripsi diterbitkan. Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal dan Huruf Konsonan melalui Media Kartu Huruf pada Anak Usia Dini Kelompok B KB Puncak Mewatang kecamatan Bungin kabupaten enreng:Uiversitas Dharmawangsa .

Yoke April Arfianti, 2018. Skripsi diterbitkan. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Kegiatan Bermain Puzzel di TK Dharma Wanita Ringinpitu Tulungaggung Kelompok A. Universitas Islam Negeri Satu Tulungagung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i1.24029

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]