PERAN PENDIDIK DALAM MENSTIMULASI PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI

Nadya Azzahra Salsabila Firdaus, Gilar Gandana

Abstract


Bahasa dan ucapan adalah bagian integral dari komunikasi karena dapat digunakan untuk berpikir, mengungkapkan perasaan, dan menerima bahasa untuk menerima pikiran dan perasaan orang lain. Segala bentuk komunikasi yang menghasilkan pikiran dan perasaan untuk menyampaikan makna kepada orang lain termasuk dalam bahasa (Hurlock, 1988). Untuk memberikan informasi kepada pembaca dan peneliti, penelitian ini menggunakan pendekatan studi sastra untuk memahami berbagai sumber bacaan yang terkait dengan topik penelitian. Perkembangan bahasa atau keterampilan berbahasa anak dikembangkan melalui menulis atau berbicara untuk mengungkapkan perasaan, pikiran, dan gagasan. Metode latihan yang berbeda-beda harus digunakan untuk mendorong anak-anak untuk tertarik pada pengalaman mereka sendiri atau yang lebih umum. Salah satu metode yang banyak digunakan untuk mendidik anak usia dini adalah cerita. Cerita yang disampaikan guru harus menarik dan menarik perhatian anak, dan juga harus sesuai dengan tujuan pendidikan anak usia dini.


Keywords


Anak Usia Dini, Perkembangan Bahasa, Perkembangan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anggraini, N. (2021). Peranan Orang Tua Dalam Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 7(1), 43. https://doi.org/10.30595/mtf.v7i1.9741

Arifin, A. W., & Pauweni, A. J. (2019). Peran Guru terhadap Aspek Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jambura Early Childhood Education Journal, 1(2), 37–45. https://doi.org/10.37411/jecej.v1i2.57

Asriani, P., Afuri, R., Afriana, R., & Riau, U. I. (2023). SAJAK. 2, 185–190.

Bangsawan, I., Eriani, E., & Devianti, R. (2021). Kegiatan Bercerita Dalam Mengembangkan Bahasa Anak Usia Dini. Smart Kids: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 34–39. https://doi.org/10.30631/smartkids.v3i1.71

Ekawati, Y. A., & Pujiati, D. (2023). Peran Guru Paud Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Eksperif Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi Majasem. Khazanah Pendidikan-Jurnal Ilmiah Kependidikan (JIK), 17(1), 253–256. https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.16273

Etnawati, S. (2022). Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Evi Hasim. (2018). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. PEDAGOGIKA JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 17(1), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.biotechadv.2018.09.003%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.bbamem.2015.10.011%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27100488%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/26126908%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.cbpa.2017.03.014%0Ahttps://doi.org/

Khairani, N., Siregar, R., & Nopriani Lubis, J. (2023). Penerapan Metode Bermain Peran dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5942–5952. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5383

Kholilullah, Hamdan, H. (2020). www.ejournal.annadwahkualatungkal.ac.id 75 | P g e. Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(Juni), 75–94.

Nasution, F., Siregar, A., Arini, T., & Zhani, V. U. (2023). Permasalahan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(5), 406–414.

Niati, W. (2019). Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education Wika Niati PERAN GURU PAUD DALAM MENSTIMULASI PERKEMANGAN BAHASA ANAK PADA KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN DI TK DARMA WANITA KAB.SELUMA. Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 38–48.

Nirmala, A. P., & Hartono, R. (2023). Keterlibatan Orangtua dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini di Kabupaten Batang. Jurnal PSIMAWA : Diskursus Ilmu Psikologi Dan Pendidikan, 6(1), 31–40. http://jurnal.uts.ac.id/index.php/PSIMAWA

Saputri, D. A., & Katoningsih, S. (2023). Peran Guru PAUD dalam Menstimulasi Keterampilan Bahasa Anak untuk Berpikir Kritis pada Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2779–2790. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4353

Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sumatera Utara, P., Zahra Lubis, H., & Dosen Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara, Mp. (2018). Jurnal Raudhah Metode Pengembangan Bahasa Anak Pra Sekolah. 06(02), 2338–2163. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah

Zubaidah, E. (2004). PERKEMBANGAN BAHASAANAK USIA·DINI DAN TEK1aKPENGEMBANGANNYADISEKOLAH Oleh: Enny Zubaidah. Cakrawala Pe.Didih., 3(c), 459–479.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i1.24674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]