ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN CALON MAHASISWA DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Zakia Alvin Fananie, Ahmad Samawi, Rosyi Damayani Twinsari Maningtyas

Abstract


Pertimbangan serta alasan menjadi proses pengambilan keputusan dalam memilih jurusan PGPAUD sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengetahuan, minat serta alasan siswa SMA sederajat memilih atau tidak memilih Program Studi PGPAUD. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kuantitatif. SMAN 1 Talun digunakan sebagai tempat penelitian, dengan sampel siswa kelas 12 sebanyak 168 siswa. Prosedur dan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data yang digunakan adalah data primer dengan menyebarkan kuesioner kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan minat siswa SMA sederajat terkait program studi PGPAUD masih tergolong sedang hingga rendah. Alasan siswa SMA sederajat yang akan memilih Program Studi PGPAUD UM sebagian besar karena adanya keinginan untuk mendapatkan wawasan tentang pendidikan anak usia dini. Alasan siswa SMA yang tidak akan memilih Program Studi PGPAUD UM sebagian besar karena keinginan untuk memilih studi bidang lain dan kurangnya minat dalam mengajar anak usia dini.


Keywords


pengambilan keputusan, calon mahasiswa, PGPAUD

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ahmad, Husniyah. 2022. “Teori Pilihan Rasional James S Coleman - Kompasiana.com.” Kompasiana.com. https://www.kompasiana.com/husniyahahmad/634f92b54addee630e61cdf2/teori-pilihan-rasional-james-s-coleman (Februari 4, 2024).

Almaqassary, Ardi. 2022. “KONSELOR | Pengertian Minat menurut Para Ahli.” konselor.id. https://konselor.id/main/tips/pengertian-minat-menurut-para-ahli.html (Februari 4, 2024).

Aliyyah, Rusi Rusmiati, Didi Mulyadi, Widyasari, dan Abdul Kholik. 2019. Manajemen Lembaga Pendidikan.

Ardi, Bayu. 2022. “Program Studi Adalah: Pengertian dan Contohnya.” detik.com. https://www.detik.com/bali/berita/d-6465041/program-studi-adalah-pengertian-dan-contohnya (Februari 4, 2024).

Basri, Hasan. 2019. “Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang Proporsional.” Jurnal Ya Bunayya 1(1): 29–45. https://jurnal.iain-bone.ac.id/index.php/yaabunayya/article/download/1300/803.Budiyatmo, B., & Iriani, A. (2022). Membangun Citra Sekolah Berdasarkan Marketing Mix untuk Meningkatkan Jumlah Peserta Didik. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 238–252. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p238-252

Fadhilah, A. N. (2021). Peran Guru Pada Proses Pembelajaran Luring Dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Islam Perkemas Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Fitri, S. F. N. (Universitas P. I. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620. https://doi.org/10.52436/1.jpti.26

Fitria, N., & Arifudin, O. (2020). Analisis Faktor-faktor terhadap penganbilan. Jurnal Al-Amar, 1(2), 120–127.

Haristi, R., Setiasih, O., & Listiana, A. (2015). Minat Siswa Sma Di Kecamatan Sukasari Kota Bandung Terhadap Program Studi S1 Pgpaud Fip Upi. Edusentris, 2(3), 264. https://doi.org/10.17509/edusentris.v2i3.179

Husain, R., & Kaharu, A. (2020). Menghadapi Era Abad 21: Tantangan Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 85. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.527

Kadi, T., & Awwaliyah, R. (2017). Inovasi Pendidikan : Upaya Penyelesaian Problematika Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Islam Nusantara, 1(2), 144–155. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v1i2.32

Latifah, I., Nurhadi, & Liestyasari, S. I. (2019). Rasionalitas Orang Tua Dalam Pengambilan Keputusan Jurusan Kuliah Anak Melalui Analisis Teori Pilihan Rasional James S. Coleman (Universitas Sebelas Maret). Pendidikan Sosiologi Antropologi FKIP Universitas Sebelas Maret, 53(9), 1689–1699.

Maningtyas, R. T. (2015). Program Pencarian Bakat Anak Oleh Televisi (Studi Kasus pada Finalis Ajang Pencarian Bakat Little Miss Indonesia 2015). Pancaran, 5(4), 247–248.

Masri, A. N., Supriyanto, A., & Sobri, A. Y. (2023). Analisis Standar Sarana dan Prasarana Sekolah Menengah Kejuruan untuk Menunjang Kegiatan Belajar Siswa. Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan, 4(1), 31–42. https://doi.org/10.21831/jump.v4i1.45906

Novitasari, Z. D. (2015). Korelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Matematika Materi Limit Fungsi Siswa Kelas Xi Di Ma Negeri Kandatkorelasi Antara Persepsi Siswa Terhadap Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dengan Hasil Belajar Ma. 16(2), 39–55. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/2021

Nuryanto, S., Isna Wahyu Septiana, Y., & Agustina, W. (2020). Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi PG Paud (Studi Kasus Pada Mahasiswa PG Paud Unisri). Jurnal Buah Hati, 7(2), 182–196.

Palupi, D. A. P., & Cahjono, M. P. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran dan Lingkungan Akademis Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 212–222. https://doi.org/10.24246/j.jk.2022.v9.i2.p212-222

Pambudi, P. S., & Hariandi, M. S. I. (2021). Strategi Jitu Menggalang Angka Kecukupan Mahasiswa Baru Di Tengah Persaingan Sengit Antar Perguruan Tinggi. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 67–76. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p67-76

Pasolong, D. H. (2023). Teori Pengmbilan Keputusan. In Penerbit Alfabeta, Bandung (x. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf

Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian (M. S. Dr. Ir. Try Koryati, M.SiDr. Ir. Try Koryati (ed.); Cetakan I,). PENERBIT KBM INDONESIA.

Samawi, A., Wulandari, R. T., & Aisyah, E. N. (2016). Studi Relevansi Alumni PGPAUD Universitas Negeri Malang dengan Dunia Kerja. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.17977/um027v1i22016p001

Theodora, L. C. (Universitas M. N. (2022). How to Choose a Major According to Your Interests and Talents | Universitas Multimedia Nusantara. umn.ac.id. https://www.umn.ac.id/en/how-to-choose-a-major-according-to-your-interests-and-talents/

Tirta, S. D., Malfasari, E., Febtrina, R., & Herniyanti, R. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Siswa SMA dalam memilih Jurusan Kesehatan di Perkuliahan. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 9(2), 381–390.

Zahara, R. (Universitas L. B. (2021). PENGARUH PERSEPSI SISWA SMA/SMK TENTANG PERAN GURU DAN PROFESI GURU TERHADAP MINAT SISWA MENJADI GURU. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(February), 2021. https://doi.org/10.1080/09638288.2019.1595750%0Ahttps://doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttp://dx.doi.org/10.1080/17518423.2017.1368728%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ridd.2020.103766%0Ahttps://doi.org/10.1080/02640414.2019.1689076%0Ahttps://doi.org/

Zulhafizh, Z., Hermandra, H., & Asnawi, A. (2022). Mengeksplorasi Informasi sebagai Strategi Meningkatkan Kualitas Pengetahuan dan Pemahaman di Kalangan Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 5(1), 1–13. https://doi.org/10.31605/ijes.v5i1.1035




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i2.27882

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]