ANALISIS PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AN-NUR GUNTING SAGA

Yuli Pitria, Suri Handayani Damanik

Abstract


Abstrak Indonesia

Guru sebagai orang tua disekolah berpengaruh pada perkembangan kepribadian anak dengan menjadi guru tentunya tidak mudah, selain harus mengusai konsep yang diajarkan, guru juga harus dapat memahami karakteristik anak didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru sebagai model, peran guru sebagai motivator dan peran guru sebagai evaluator dalam pembentukan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK An Nur Gunting Saga. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa peran guru sebagai model dalam pembentukan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun di TK An Nur Gunting Saga sudah diterapkan dengan baik, peran guru sebagai motivator dalam pembentukan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun juga sudah terlaksana dengan cukup baik, dan peran guru sebagai evaluator dalam pembentukan kecerdasan emosional anak usia 5-6 tahun belum terlaksana dengan baik oleh guru di sekolah TK An Nur Gunting Saga.

Kata Kunci: Peran Guru, Kecerdasan Emosional

Keywords


Peran Guru, Kecerdasan Emosional

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariani, N. W. T. (2021). Peran efikasi diri guru dalam pendidikan anak usia dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 96-102. https://doi.org/10.25078/pw.v6i1.2190

Hidayah, N. (2023). Kecerdasan emosional anak usia dini dalam animasi Omar dan Hana (Skripsi). Purwokerto: Universitas Islam Negeri Profesor KIAI Haji Saifuddin Zuhri.

Goleman, D. (2000). Emotional intelligence, kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting daripada IQ. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Kamtini, Tanjung, S. H. & Novitri, D. M. (2024). Intrapersonal intellegence-based learning to stimulate early childhood independence. EAI, 7.

Khaira, N., & Cholimah, N. (2023). Peran guru dalam mengembangkan karakter mandiri pada anak usia 4-5 tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5060–5071. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4725

Lestari, T., Nurlita., dan Satriai, D. (2023). Analisis kecerdasan emosional pada anak usia 5-6 tahun di TK Al-Jami’atul Washliyah Sungai Majo Kecamatan Kubu Babussalam Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal on Education, 6(1), 5061-5069. http://jonedu.org/index.php/joe

Listia, W. N., Sari, W. W., & Wulan, D. S. (2022). Keterampilan Dasar Mengajar di PAUD. Medan.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran guru, orang tua, metode dan media pembelajaran: strategi kbm di masa pandemi covid-19. 3M Media Karya.

Noviyanto, T. S. H., Andrian, R., Syahrul, M., Hasibuan, N. S., dkk. (2022). Perkembangan peserta didik. Sukoharjo: Pradina Pustaka.

Rahayu, T. (2020). Peran guru dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak. Jurnal Prodi PGMI Al Misbah, VI(1), 1-20.

Rofi’ah, U. A., Hafni, N. D., & Mursyidah, L. (2022). Sosial emosional anak usia 0-6 tahun dan stimulasinya menurut teori perkembangan. Az-Zahra: Journal of Gender and Family Studies, 3(1), 41–66. https://doi.org/10.15575/azzahra.v3i1.11036

Rohmah, U. (2023). Bimbingan kelompok berorientasi rekreatif (BKBR): model alternatif untuk melatih kecerdasan emosional anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3147-3158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4459

Sit, M. (2020). Kecerdasan majemuk. Jakarta: Kencana

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D (ke-2). Bandung: Afabeta.

Yus, A., & Sari, W. W. (2020). Pembelajaran di pendidikan anak usia dini. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i2.29665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]