STRATEGI SCAFFOLDING DALAM EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI TK MURNI ASIH

Fani Febrianni, Reva Fauzia Haristawati, Rifqa Annisa, Zihan Humaero

Abstract


Evaluasi berperan sangat penting dalam pembelajaraan. Terlebih pada tingkat anak usia dini. Evaluasi pembelajaran sangat penting dalam pendidikan jasmani dan olahraga di tingkat pendidikan anak usia dini. Di TK Murni Asih, ditemukan tantangan dalam membantu anak-anak mengembangkan keterampilan motorik, sosial, dan kognitif melalui scaffolding. Oleh karena itu, Scaffolding merupakan strategi pedagogik yang mampu mendukung proses pembelajaran melalui pemberian bantuan bertahap hingga anak-anak mampu mencapai kemandirian. Metode penelitian meenggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang digunakan untuk memahami strategi pembelajaran scaffolding Tujuan peneliti adalah untuk menganalisis penerapan scaffolding sebagai strategi evaluasi pembelajaran pendidikan jasmani dan Penerapan strategi ini dapat diadopsi lebih luas dalam pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. olahraga di TK Murni Asih, serta menilai efektivitasnya dalam meningkatkan hasil belajar siswa. 

Keywords


Scaffolding, evaluasi, anak usia dini.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adinda, A., Mulia, S., Irfan, I., & Gusmaneli, G. (2024). Penerapan Strategi Pembelajaran Scaffolding Dalam Membentuk Kemandirian Peserta Didik. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 2(2), 34-41.

Candra, O., Pranoto, N. W., Ropitasari, R., Cahyono, D., Sukmawati, E., & Cs, A. (2023). Peran pendidikan jasmani dalam pengembangan motorik kasar pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7, 2538-2546.

Fitriani, D., Mahmud, S., & Aziz, U. A. (2023). Kajian fase tumbuh kembang anak usia dini dalam kurikulum merdeka belajar. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 112-133.

Hashim, S. (2009). Langkah Pembelajaran Efektif dalam Pendidikan. Kuala Lumpur: Pustaka Media.

Humaedi, H., & Wahyudhi, A. S. B. S. E. (2020). KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI DI KOTA PALU. Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 52-60.

Nainggolan, F. R. B., Aini, S., Ayu, D. S., Febrianti, A. R., & Guritno, K. A. (2024). Studi Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini: Pendampingan Orang Tua Bermain Bersama Anak. Lentera: Multidisciplinary Studies, 2(4), 467-476.

ndonesian Ministry of Education. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prasetia, I. (2021). [TURNITIN JURNAL] Manajemen Pengembangan Kurikulum (Studi di Lab Site Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat Sumatera Utara. KUMPULAN BERKAS KEPANGKATAN DOSEN.

Pratama, R. A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis scaffolding untuk melatih pemahaman konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84-97.

Prima, Y., & Kartiko, T. (2021). Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Saripudin, D. (2019). Pendidikan Jasmani untuk Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suprihatin, E., & Rosita, D. (2020). Penerapan teknik scaffolding sebagai upaya meningkatkan kemandirian belajar anak usia 5-6 tahun di tk kristen kadasituru terpadu. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 1(1), 34-55.

Suranto. (2012). Metode Pembelajaran Scaffolding pada Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Vygotsky, L. S. (2004). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Waruwu, M. (2024). Pendekatan penelitian kualitatif: Konsep, prosedur, kelebihan dan peran di bidang pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198-211.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v11i2.29806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]