Pembelajaran Robotika Pada Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Literatur
Abstract
Pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif, seperti media robotik dapat meningkatkan pemahaman anak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pendidikan robotika terhadap perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini. Metode penelitian menggunakan studi literatur dari jurnal ilmiah di Indonesia. Terdapat tujuh artikel penelitian yang menunjukkan bahwa robotika secara signifikan meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap konsep STEM, kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan sosial. Temuan secara konsisten menunjukkan peningkatan dalam berpikir kritis, kreativitas, dan kerja sama tim. Integrasi pembelakaran robotika dalam pendidikan anak usia dini mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi tantangan di era digital. Kajian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran robotika sangat meningkatkan keterampilan kognitif dan sosial anak usia dini, dan merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, infrastruktur, sumber daya, dan kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Pendidikan robotika harus menjadi bagian integral dari kurikulum anak usia dini untuk membekali anak-anak dengan keterampilan di masa depan.
Keywords
Pendidikan Robotika, Pembelajaran STEM, Pendidikan Anak Usia Dini
Full Text:
PDF (Indonesian)DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v12i1.30089
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]