Pembelajaran Robotika Pada Anak Usia Dini: Sebuah Tinjauan Literatur

Akhmad Akhmad, Gudnanto Gudnanto

Abstract


Pemanfaatan media pembelajaran yang inovatif, seperti media robotik dapat meningkatkan pemahaman anak usia dini. Artikel ini bertujuan untuk menyelidiki dampak pendidikan robotika terhadap perkembangan kognitif dan sosial anak usia dini. Metode penelitian menggunakan studi literatur dari jurnal ilmiah di Indonesia. Terdapat tujuh artikel penelitian yang menunjukkan bahwa robotika secara signifikan meningkatkan minat dan pemahaman anak-anak terhadap konsep STEM, kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan sosial. Temuan secara konsisten menunjukkan peningkatan dalam berpikir kritis, kreativitas, dan kerja sama tim. Integrasi pembelakaran robotika dalam pendidikan anak usia dini mempersiapkan anak-anak untuk menghadapi tantangan di era digital. Kajian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran robotika sangat meningkatkan keterampilan kognitif dan sosial anak usia dini, dan merekomendasikan peningkatan pelatihan guru, infrastruktur, sumber daya, dan kolaborasi antara sekolah, orang tua, dan masyarakat. Pendidikan robotika harus menjadi bagian integral dari kurikulum anak usia dini untuk membekali anak-anak dengan keterampilan di masa depan.

Keywords


Pendidikan Robotika, Pembelajaran STEM, Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v12i1.30089

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  [email protected]