Systematic Literature Review: Integrasi Model Pembelajaran Area dengan Pendekatan STEAM dalam PAUD
Abstract
PAUD merupakan fase penting dalam perkembangan anak yang membutuhkan strategi pembelajaran menyeluruh, mencakup aspek akademik, sosial, emosional, dan motorik. Penelitian ini menelaah integrasi model pembelajaran area dengan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) dalam konteks PAUD. Kajian ini beranhkat dari kebutuhan pendekatan yang kontekstual dan sesuai dengan dunia anak atau bermain. Metode yang digunakan adalah systematic literature review terhadap artikel-artikel relevan selama sepuluh tahun terakhir yang membahas pembelajaran area dan penerapan STEAM di PAUD. Hasil studi menunjukkan bahwa keduanya dapat diintegrasikan dan diharapkan mampu mendorong keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi sejak usia dini. Selain itu, pendekatan ini menciptakan lingkungan belajar yang eksploratif dan bermakna, mendorong anak lebih aktif dan antusias dalam proses pembelajaran. Integrasi STEAM dalam pembelajaran area dapat menjadi rekomendasi strategi efektif dalam mendukung perkembangan anak secara holistik di lembaga PAUD, serta relevan diterapkan dalam berbagai konteks pembelajaran anak usia dini.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Asyafah, A. (2019). Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis atas Model Pembelajaran dalam Pendidikan Islam). TARBAWY: Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(1), 19–32. https://doi.org/10.17509/t.v6i1.20569
Ayuni, D., & Setiawati, FA (2019). Media Belajar Kebun Buah Kemampuan Menghitung Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.128
Ervina, E., Oktavia, D., Isnawati, I., Rahmi, A., & Afifah, N. (2023). Optimalisasi Karakter Islam untuk Anak Usia Dini Melalui Hafalan Hadits. GENIUS Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 4(1), 93–108. https://doi.org/10.35719/gns.v4i1.113
Fajriah, H. (2019). Penerapan model kawasan pembelajaran untuk meningkatkan perkembangan kognitif anak usia dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 16.
Handayani, W., Kuswandi, D., Akbar, S., & Arifin, I. (2023). Pembelajaran Berbasis STEAM untuk Perkembangan Kognitif pada Anak. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 770–778. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.390
Hasbi, M., & Rakhmawati, ET (2020). Bermain Matematika Dengan Anak Di Rumah Yang Menyenangkan. (E. Pane, Red.). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. https://anggunpaud.kemdikbud.go.id/images/upload/images/2020/12_buku_BDR/Bermain_Matematika_yang_menyenangkan_dengan_anak_dirumah.pdf
Hijriati. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ar Raniry, 3(1), 74–92.
Huda, D. N., Mulyana, E. H., Rahman, T., Huda, D. N., Mulyana, E. H., & Rahman, T. (2024). Pendekatan STEAM untuk Pendidikan Anak Usia Dini. 8(2), 191–198.
Izzuddin, A. (2023). Urgensi Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 5(3), 15–26.
Khairani, Hibana, SS (2021). Jurnal Pendidikan: Model Pelaksanaan Anak Usia Dini Pembelajaran Area Di Paud Putra. Jurnal Pendidikan: Anak Usia Dini, 5(2).
Latiana, L., Mukminin, A., & H, SSD (2016). Meningkat Kualitas Pembelajaran Dengan Kawasan Pendekatan Di Taman Kanak-Kanak Melalui Pengembangan Kemampuan Guru Bertanya Divergen (Studi Pada Taman Kanak-Kanak di Kota Semarang). Edukasi, 1(2).
Motimona, PD, & Maryatun, IB (2023). Implementasi Metode Pembelajaran STEAM pada Kurikulum Merdeka pada PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6493–6504. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4682
Prameswari, T., & Lestariningrum, A. (2020). Strategi Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Bermain Loose Parts Untuk Pencapaian Keterampilan 4c Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Efektor, 7(1), 24–34. https://doi.org/10.29407/e.v7i2.14387
Putri, N. M., Sari, S., Setianingsih, S., & Widjayatri, R. D. (2022). Model Pembelajaran Area Berbasis Karakter pada Anak Kecil. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (JECE), 3(2), 127–137. https://doi.org/10.15408/jece.v3i2.23756
Rohita, R., Anisa, N., & Fitriah, SN (2022). Penerapan Model Pembelajaran Area untuk Mendukung Kemampuan Kognitif Anak dalam Pembelajaran Berani. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5233–5243. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.1753
Sri Rahayu, H. (2022). Pembelajaran Sentra Imtaq Berbasis Media Audiovisual Pada Masa Akademi Dalam Membangkan Kemampuan Kognitif Anak. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 174–190. https://doi.org/10.32665/abata.v2i2.553
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Jurnal Sistem Informasi Indonesia, 1(2), 63. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Wahyuningsih, S., Nurjanah, NE, Rasmani, UEE, Hafidah, R., Pudyaningtyas, AR., & Syamsuddin, MM (2020). STEAM Learning in Early Childhood Education: Tinjauan Literatur. Jurnal Internasional Pedagogi dan Pendidikan Guru, 4 (1), 33. https://doi.org/10.20961/ijpte.v4i1.39855
Yusuf, F., Susanti, A., Rumanda, Y., & Maryati, S. (2018). Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini. (E. Yulaelawati & K. Restuningsih, Red.) . Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Pendidikan Pendidikan dan Kebudayaan. Diambil dari https://banpaudpnf.kemdikbud.go.id/upload/download-center/BukuPedomanPengelolaanKelas_1554107095.pdf
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v12i1.32007
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]