MENINGKATKAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI KEGIATAN FUN COOKING (Penelitian Tindakan pada Anak Kelompok B2 di TK Negeri Pembina Pandeglang)

Desri Yanti

Abstract


This research aims to improve children’s intelligence mathematical logic B2 group through fun cooking activities in TK Negeri Pembina Pandeglang year 2015/2016. The subjects were children in group B2 consisting of 15 children: nine girls and six boys. This research was conducted in TK Negeri Pembina Pandeglang located on the street perkantoran Cikupa No. 2 Pandeglang Banten. The method used is action research conducted through two cycles, the first cycle consists of eight actions and the second cycle consists of two measures. Cycle consists of planning, action, observation and reflection. The instrument used in this study is the observation, field notes, interviews, and documentation notes. The results obtained in mathematical logic intelligence pre-research children 36%. Once the child is given the action on the first cycle, logical-mathematical intelligence of children increased to 67%, the second cycle was obtained a yield of 79%. Thus, logical-mathematical intelligence of children has increased and is at the level of developing very well. It can be concluded that by using fun cooking activity can increase intelligence in children mathematical logic B2 group in TK Negeri Pembina Pandeglang.

Keywords


Cooking Fun, Intelligence Mathematical Logic, Early Childhood.

Full Text:

PDF

References


Adiningsih, Neni Utami. 2008. Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis BALITA. Bandung: PT Karya Kita.

Andriani, Dian. 2011. Tumbuh Kembang & Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaaran PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya

Dodge, Diane Trister dan Laura J. Colker. 2001. Third Edition The Creative Curiculum for early Childhood. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Dodge, D. T. Laura, J. Colker and C, Heroman. 2002. The Creative Curiculum for Preschool Fourth Edition. Washington DC: Teaching Strategies Inc.

Dorothy, Einon. 2005. Permainan Cerdas Untuk Anak Usia Dini 2-6 Tahun. Jakarta: Erlangga.

Emzir. 2012. Metodologi penelitian kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers

Fadlullah. 2011. Pendidikan Entrepreneurship: Berbasis Islam Dan Kearifan Lokal. Jakarta: Diadit Media.

Isjoni. 2011. Model Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Alfabeta

Kasmadi. 2013. Membangun Soft Skill Anak-Anak Hebat: Pembangunan Krakter dan Kreativitas Anak. Bandung: Alfabeta

Moleong, Lexy J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Musfiroh, Tadkiroatun. 2005. Bermain Sambil Belajar dan Mengasah Kecerdasan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Direktorat Pembinaan

Pendidikan Tenaga Kependidikan Dan Ketenagaan PerguruanTinggi.

Nurfudaefah, Dewi. 2015. Peningkatan Kecerdasan Logis Matematis Melalui Bermain Balok Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina Grogol. Skripsi pada jurusan PG-PAUD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang: Tidak diterbitkan.

Rendulic, S. H. 2010. Let’s Cook! Class Curriculum. Diakses dari http:// www. cookingwithkids.net pada tanggal 04 Januari 2016, Pukul 06. 10 WIB.

Riduwan. 2010. Belajar Metode Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandun: Remaja Rosdakarya

Rochiati. Wiraatmaja. 2010. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya

Satiadarma, Monty dkk. 2003. Men didik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor.

Semiawan. Conny. 2008. Belajar dan Pembelajaran Prasekolah dan Sekolah Dasar. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Shopiana. 2012. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pengukuran Melalui Kegiatan Fun Cooking Pada Anak Kelompok B di TK Islam Nurussibyan Pasar Rebo Jakarta Timur. Skripsi pada jurusan PG-PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negri Jakarta: tidak diterbitkan

Sujiono, Yuliani Nurani dkk. 2011. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Tindakan. Jakarta: PT Bumi Aksara

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2011.Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Suyadi, dan Ulfah Maulidya. 2015. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yaumi, Muhammad dan Ibrahim, Nurdin. Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana

Yus. Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Kencana Kharisma Putra Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v3i1.4603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PAUD

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id