MENINGKATKAN KETERAMPILAN SAINS ANAK MELALUI KEGIATAN EKSPLORASI BAHAN ALAM (Penelitian Tindakan pada Sentra Bahan Alam Kelompok B di TK Az-zahroh Serang-Banten)
Abstract
This study aims to 1) to know the process of applying natural resource exploration activities in improving science skills of group B children in TK Az-zahroh Serang-Banten, and 2) to improve children’s science skills through natural resource exploration activities in group B in TK Az-zahroh Serang-Banten. The research type is action research using model of kemmis and MCTaggart. The research subject is 15 children aged 5-6 years in kindergarten Az-zahroh Serang-Banten. The object of research is children’s science skills. Data collection method is done through observation, interview and documentation. Data analysis technique is done qualitatively and quantitatively. The success indicator in this research is 60%. The results showed that children’s science skills increased to 80% from pre-research results of 39% up in cycle I of 51% of the results can be concluded that the exploration activities of natural materials can improve the science skills of children aged 5-6 years in kindergarten Az-zahroh Serang-Banten.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asmawati, Luluk. 2014. Perencanaan Pembelajaran PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Bachri, Syaiful dan Zain Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Brewer, Jo Ann. 2007. Introduction to Early Childhood Education. USA: Pearson Education
Dewi, Windi Prastika. 2016. Meningkatkan Kemampuan Sains Melalui Penerapan Metode Eksperimen pada Kelompok A. Jurnal Pendidikan Anak Uisa Dini. Universias Pendidikan Ganesha. Volume. 4. No-2 Tahun 2016
Djamarah, Syaiful Bachri, dkk.2004. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Rineka Cipta
Dimyati, Johni. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan & Aplikasinya pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jakarta: prenadamedia Group
Herawati, Muslimah. 2016. Peningkatan Kreativitas Melalui Metode Eksplorasi (Penelitian Tindakan Kelas
di TK Al-Musyawaroh Kota Serang -Banten). Skripsi pada Jurusan PG PAUD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Tidak diterbitkan
Hosman. 2014. Pendekatan Sainstifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Stidik Indnesia
Kleinsinger, Susan Bromberg. 1991. Learning Through Play Scince. New York. NY 10003. Sholastic Inc
Mariana, Rita. 2005. Strategi Pengelolaan Lingkungan Belajar di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdikbud
Maryana, Haerena. 2014. Peningkatan Kemampuan Sains Melalui Metode Eksperimen (Metode Penelitian Tindakan Kelas di PAUD ASSURAH Kabupaten Pandeglang). Skripsi Pada Jurusan PG PAUD Untirta. Tidak Diterbitkan
Ma’mur, Jaman Asmani.2009. Manajemen Strategi Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press
Noviana. 2013. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Sains Anak Usia 5-6 Tahun (Metode Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Anak Bangsa Kota Serang). Skripsi Jurusan PG PAUD Untirta. Tidak Diterbitkan
Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas Putra, Nusa. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Rachmawati, Yeni & Kurniati, Euis. 2005. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Depdikbud
Sari, Yulia. 2012. Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi di Taman Kanak-Kanak (Metode penelitian Tindakan di Taman Kanak-Kanak
Tri Bina Payakumbuh). Skripsi Jurusan PG PAUD. Universitas Negeri Padang. Tidak Diterbitkan
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini Pengantar dalam Berbagai Aspek. Jakarta: Rencana Prenada Group
Suyadi, Ulfah Maulidya. 2013. Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Sutrisno & Harjono, Hary Soedarto. 2005. Pengenalan Lingkungan Alam Sekitar Sebagai Sumber Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud
Suryati, Ade. 2014. Upaya Mengembangkan Kemampuan Sains Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Pendekatan Kontekstual (Penelitian Tindakan Kelas Pada Anak TK Al-Uspuriah Kota Pandeglang). Skripsi pada Jurusan PG PAUD FKIP UNTIRTA: Tidak diterbitkan
Suryanah. 2015. Mengembangkan Kemampuan Sains Melalui Metode Eksperimen (Penelitian Kualitatif di TK Permata Bunda Cikande). Skripsi Pada Jurusan PG PAUD Untirta. Tidak Diterbitkan
Sujiono, Yuliani Nurani, dkk. 2009. Konsep Dasar Paud. Jakarta: Indek.
Suyanto, Slamet, dkk. 2015. Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Percobaan Sederhana Anak Usia 5-6 Tahun di TK-IT Albina Ternate. Jurnal Pendidikan Anak Uisa Dini. Universias Negeri Yogyakarta. Volume. 2. No-1 Tahun 2015
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV
Trianto. 2011. Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka
Wonorahardjo, Surjani. 2011. Dasar-Dasar Sains. Jakarta Barat: PT Indeks
Yuniria, Ayuriski. 2016. Peningkatan Kemampuan Kognitif Melalui Pembelajaran di Sentra Bahan Alam (Penelitian Tindakan Pada Anak Usia 5-6 Tahun TK Terpadu Anak Bangsa Kota Cilegon). Skripsi pada Jurusan PG PAUD FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa: Tidak diterbitkan.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v4i1.4643
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JURNAL PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN PAUD
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]