PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA BILINGUAL CLASS DI TAMAN KANAK-KANAK PIONEER MONTESSORI PADANG

Rismareni Pransiska

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan kosa kata bahasa Inggris anak pada kelas bilingual di Taman Kanak-kanak Pioner Montessori Padang. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang tergabung pada kelas Toodler. Untuk mengumpulkan data, digunakan metode observasi dan metode simak bebas libat, yang selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu, mereduksi, mendisplay dan memverifikasi data yang didapatkan untuk memperoleh gambaran yang alamiah mengenai pemerolehan bahasa Inggis pada bilingual class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa Inggris anak berbentuk kata dan kalimat sederhana. Pemerolehan kata yang muncul adalah (1) kata benda; (2) kata kerja; (3) kata sifat; dan (4) article a dan an. Sementara itu, kalimat yang mucul adalah (1) kalimat pernytaaan; (2) kalimat tanya; (3) kalimat perintah. Dari hasil yang diperoleh dapat dsimpulkan bahwa pemerolehan bahsa Inggris pada anak di kelas Bilingual di Taman Kanak-kanak Montessori berjalan dengan baik dengan menghasilkan anak-anak yang mampu berbahasa Inggris di usia yang muda. Kelas Bilingual mampu menstimulasi pemerolehan bahasa anak secara optimal.    

 


Keywords


bilingual, pemerolehan bahasa, anak

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Basrowi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Chomsky, Noam. 2004. Cartesian Linguistics A chapter in the History of Rationalist Thought, Third Edition. New York: Cambridge University Press

Daulay, Syahnan. 2010. Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Medan: Citra Pustaka Media Perintis

Hamers and Blanc. 2002. Bilinguality and Bilingualism. Cambridge: Cambridge University Press

Irmansyah. 2015. Struktur Kalimat Deklaratif Bahasa Muna. Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3, Desember 2015. http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/590/pdf

Karmila, Mila. Ratna Wahyu Pusari, Anita Chandra Dewi S. 2017. Analisis Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Pada Aspek Semantik di Semarang Multinational School. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Http://Dx.Doi.Org/10.26877/Paudia.V6i2.210

Krashen. Stephen D. 2003. Exploration in Language Acquisition and Use, The Taipei Lectures. Portsmouth: Heinemann

_________. 2006. Principles and Practice in Second Language Acquisition. California: University of Southern California

Maharani, Tisa & Endang Setiyo Astuti. 2018. Pemerolehan Bahasa Kedua Dan Pengajaran Bahasa Dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, Vol. 10, No. 1, Juni 2018. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/ls/article/view/938/pdf

Noermanzah. 2015. A 1.4 Year Old Child Language Acquisition (Case Study on a Bilingual Family). Parole: Journal Of Linguistics And Education, 5 (2), 2015, 145-154. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/parole

Rod Ellis, Rod. 1997. Second Language Acquisition. England: Oxford University Press

Saville-Troike, M. (1988). "Private speech: Evidence for second language learning strategies, during the "silent period"". Journal of Child Language. 15: 567–590. doi:10.1017/s0305000900012575

Sinaga, J., Sulastri M. Juni E. M. 2017. Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Buliang Rw 18. Jurnal Minda Baharu. Volume 1, Desember 2017. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/MNDBHRU/article/download/1171/920

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukirman. 2012. Hubungan Antara Perkembangan Kognitif Anak Dan Pemerolehan Bahasa (Tinjauan Pembelajaran Bahasa). Jurnal Ulul Albab. Volume 14, Nomor 1, Januari 2012. https://www.neliti.com/id/publications/221803/hubungan-antara-perkembangan-kognitif-anak-dan-pemerolehan-bahasa-tinjauan-pembe

Syamsiyah, Dailatus. 2017. Analisis Deskriptif Teori Pemerolehan Bahasa Kedua. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 6, Nomor 2, Desember 2017. Diakses dari https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/download/26/5

Widodo, Handoyo Puji. 2005. Teaching Children Using a Total Physical Response (TPR) Method: Rethinking. Jurnal bahasa dan seni, 33 (2). http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Teaching-Children-Using-a-Total-Physical-Response-TPR-Method-Rethinking-Handoyo-Puji-Widodo.pdf

Yule, George. 2010. The Study of Language 4th edition. New York: Cambridge University Press




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v7i1.7284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id