PEMEROLEHAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA BILINGUAL CLASS DI TAMAN KANAK-KANAK PIONEER MONTESSORI PADANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan kosa kata bahasa Inggris anak pada kelas bilingual di Taman Kanak-kanak Pioner Montessori Padang. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun yang tergabung pada kelas Toodler. Untuk mengumpulkan data, digunakan metode observasi dan metode simak bebas libat, yang selanjutnya dianalisis melalui tiga tahap yaitu, mereduksi, mendisplay dan memverifikasi data yang didapatkan untuk memperoleh gambaran yang alamiah mengenai pemerolehan bahasa Inggis pada bilingual class. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa Inggris anak berbentuk kata dan kalimat sederhana. Pemerolehan kata yang muncul adalah (1) kata benda; (2) kata kerja; (3) kata sifat; dan (4) article a dan an. Sementara itu, kalimat yang mucul adalah (1) kalimat pernytaaan; (2) kalimat tanya; (3) kalimat perintah. Dari hasil yang diperoleh dapat dsimpulkan bahwa pemerolehan bahsa Inggris pada anak di kelas Bilingual di Taman Kanak-kanak Montessori berjalan dengan baik dengan menghasilkan anak-anak yang mampu berbahasa Inggris di usia yang muda. Kelas Bilingual mampu menstimulasi pemerolehan bahasa anak secara optimal.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Basrowi. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Chomsky, Noam. 2004. Cartesian Linguistics A chapter in the History of Rationalist Thought, Third Edition. New York: Cambridge University Press
Daulay, Syahnan. 2010. Pemerolehan dan Pembelajaran Bahasa. Medan: Citra Pustaka Media Perintis
Hamers and Blanc. 2002. Bilinguality and Bilingualism. Cambridge: Cambridge University Press
Irmansyah. 2015. Struktur Kalimat Deklaratif Bahasa Muna. Jurnal Humanika No. 15, Vol. 3, Desember 2015. http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/article/view/590/pdf
Karmila, Mila. Ratna Wahyu Pusari, Anita Chandra Dewi S. 2017. Analisis Perkembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Pada Aspek Semantik di Semarang Multinational School. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini. Http://Dx.Doi.Org/10.26877/Paudia.V6i2.210
Krashen. Stephen D. 2003. Exploration in Language Acquisition and Use, The Taipei Lectures. Portsmouth: Heinemann
_________. 2006. Principles and Practice in Second Language Acquisition. California: University of Southern California
Maharani, Tisa & Endang Setiyo Astuti. 2018. Pemerolehan Bahasa Kedua Dan Pengajaran Bahasa Dalam Pembelajaran BIPA. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, Vol. 10, No. 1, Juni 2018. http://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/ls/article/view/938/pdf
Noermanzah. 2015. A 1.4 Year Old Child Language Acquisition (Case Study on a Bilingual Family). Parole: Journal Of Linguistics And Education, 5 (2), 2015, 145-154. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/parole
Rod Ellis, Rod. 1997. Second Language Acquisition. England: Oxford University Press
Saville-Troike, M. (1988). "Private speech: Evidence for second language learning strategies, during the "silent period"". Journal of Child Language. 15: 567–590. doi:10.1017/s0305000900012575
Sinaga, J., Sulastri M. Juni E. M. 2017. Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Buliang Rw 18. Jurnal Minda Baharu. Volume 1, Desember 2017. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/MNDBHRU/article/download/1171/920
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirman. 2012. Hubungan Antara Perkembangan Kognitif Anak Dan Pemerolehan Bahasa (Tinjauan Pembelajaran Bahasa). Jurnal Ulul Albab. Volume 14, Nomor 1, Januari 2012. https://www.neliti.com/id/publications/221803/hubungan-antara-perkembangan-kognitif-anak-dan-pemerolehan-bahasa-tinjauan-pembe
Syamsiyah, Dailatus. 2017. Analisis Deskriptif Teori Pemerolehan Bahasa Kedua. Jurnal Komunikasi dan Pendidikan Islam, Volume 6, Nomor 2, Desember 2017. Diakses dari https://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/download/26/5
Widodo, Handoyo Puji. 2005. Teaching Children Using a Total Physical Response (TPR) Method: Rethinking. Jurnal bahasa dan seni, 33 (2). http://sastra.um.ac.id/wp-content/uploads/2009/10/Teaching-Children-Using-a-Total-Physical-Response-TPR-Method-Rethinking-Handoyo-Puji-Widodo.pdf
Yule, George. 2010. The Study of Language 4th edition. New York: Cambridge University Press
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v7i1.7284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]