PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK (5-6) MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PARENTING
Abstract
This study generally aims to obtain information and data on the reading ability of beginners to read early childhood 5-6. This research is a classroom action Research conducted at KOBER PAUD As.Syifa having the address at Jalan. Btn. Junti Asri Blok C.2. No. 2 villages. Junti District Jawilan, Banten District. The data collection technique is a reading ability for beginners of early childhood 5-6. The results showed that 1) there was an increase in the ability to read beginners early childhood 5-6 with parenting assistance; 2) parenting facilitation activities include mothers holding together with the teacher motivating children in the learning process.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Binti Maunah, 2009, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Teras
Ceria, Bocah. 2009. Metode Pengembangan membaca Untuk Anak, (http://ceriabocah.blogspot.com/2009/06/metode-pengembangan-membaca-untuk- anak.html)
Dhieni, Nurbiana, dkk. 2009. Metode Pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka
Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak. Jakarta. Penerbit Erlangga
Fatoni. 2009. Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Metode Glenn Domain, (http://fatonipgsd071644221).
Milers M and M. Hibermen, Action Research A Guide For The Teacher Researcher, Secound Edition, New York 1984
Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Ditjen PAUDNI, Kemendiknas. 2011 Pedoman Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Ditjen PAUDNI, Kemendiknas. 2011
Rouf, Abdul. 2009. Meode Pengajaran Membaca, (http://www.mts ppiu.sch.id/bahasa-indonesia/metode-pengajaran-membaca)
Sessanti, Lucky Ade. 2007, Dalam Penelitiannya Tentang: Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Dipenogoro (Penelitian Relevan)
Sri Rumini & Sundari, 2004, Perkembangan Anak Dan Remaja (Jakarta: PT Rineka Cipta),
Slameto Dkk, 2009, Belajar dan Faktor-Fator Yang Mempengaruhi. (Jakarta: PT Rineka Cipta)
Stephen kemmis and Robin Mc. Taggart, The Action Reaserch; third Adition (Victoria Deakin University) 1988
Tarigan, Djago. 1991. Bahasa Indonesia I Buku Modul 1-6. Jakarta: Depdikbud
Trefinger , Potensi Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Kata Hati. 2006) wordpress.com/2009/12/30/pengembangan-kemampuan-membaca-anak-usia-dini melalui-metode-glenn-doman/)
www.pendidikankarakter.com. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan 2011.
Zulkifli L. Psikologi Perkembangan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995)
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v6i2.7400
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]