PENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA ANAK (5-6) MELALUI KEGIATAN PENDAMPINGAN PARENTING

Elih Solihatulmillah

Abstract


This study generally aims to obtain information and data on the reading ability of beginners to read early childhood 5-6. This research is a classroom action Research conducted at KOBER PAUD As.Syifa having the address at Jalan. Btn. Junti Asri Blok C.2. No. 2 villages. Junti District Jawilan, Banten District. The data collection technique is a reading ability for beginners of early childhood 5-6. The results showed that 1) there was an increase in the ability to read beginners early childhood 5-6 with parenting assistance; 2) parenting facilitation activities include mothers holding together with the teacher motivating children in the learning process.


Keywords


Early Childhood Reading Ability, Parenting Assistance.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Binti Maunah, 2009, Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Teras

Ceria, Bocah. 2009. Metode Pengembangan membaca Untuk Anak, (http://ceriabocah.blogspot.com/2009/06/metode-pengembangan-membaca-untuk- anak.html)

Dhieni, Nurbiana, dkk. 2009. Metode Pengembangan bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka

Elizabeth B. Hurlock, Perkembangan Anak. Jakarta. Penerbit Erlangga

Fatoni. 2009. Pengembangan Kemampuan Membaca Anak Usia Dini Melalui Metode Glenn Domain, (http://fatonipgsd071644221).

Milers M and M. Hibermen, Action Research A Guide For The Teacher Researcher, Secound Edition, New York 1984

Pedoman Pendidikan Karakter pada Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Ditjen PAUDNI, Kemendiknas. 2011 Pedoman Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga, Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini, Ditjen PAUDNI, Kemendiknas. 2011

Rouf, Abdul. 2009. Meode Pengajaran Membaca, (http://www.mts ppiu.sch.id/bahasa-indonesia/metode-pengajaran-membaca)

Sessanti, Lucky Ade. 2007, Dalam Penelitiannya Tentang: Pengaruh Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Taman Kanak-Kanak. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Dipenogoro (Penelitian Relevan)

Sri Rumini & Sundari, 2004, Perkembangan Anak Dan Remaja (Jakarta: PT Rineka Cipta),

Slameto Dkk, 2009, Belajar dan Faktor-Fator Yang Mempengaruhi. (Jakarta: PT Rineka Cipta)

Stephen kemmis and Robin Mc. Taggart, The Action Reaserch; third Adition (Victoria Deakin University) 1988

Tarigan, Djago. 1991. Bahasa Indonesia I Buku Modul 1-6. Jakarta: Depdikbud

Trefinger , Potensi Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Kata Hati. 2006) wordpress.com/2009/12/30/pengembangan-kemampuan-membaca-anak-usia-dini melalui-metode-glenn-doman/)

www.pendidikankarakter.com. Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan 2011.

Zulkifli L. Psikologi Perkembangan (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995)




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v6i2.7400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

       

Creative Commons License

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.

Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)

FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia

Phone: 081514821060/087777133556

Email:  jpp.paud@untirta.ac.id