PENINGKATAN LITERASI GURU PAUD MELALUI PELATIHAN MENDONGENG
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui kemampuan guru merancang kegiatan mendongeng untuk anak usia dini, (2) mengetahui strategi pelatihan mendongeng untuk peningkatan literasi guru PAUD di Kab. Serang, (3) mengetahui evaluasi keberhasilan peningkatan kemampuan literasi melalui pelatihan mendongeng untuk guru PAUD di Kab. Serang. Metode penelitian ini kualitatif naturalistic Bogdan dan Biklen. Subjek penelitian 53 guru PAUD. Lokasi penelitian di aula kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang. Temuan-temuan hasil penelitian: (1) kemampuan literasi guru PAUD pada skala 4 dengan kriteria baik, (2) praktik mendongeng guru PAUD pada skala 4 dengan kriteria baik. Kesimpulan penelitian yaitu: (1) guru mampu merancang kegiatan mendongeng dengan membuat dan menggunakan APE dari bahan flannel, buku cerita buatan sendiri, boneka jari, dan boneka tangan, (2) guru mampu menerapkan strategi pelatihan mendongeng untuk peningkatan literasi guru PAUD di Kabupaten Serang dengan cara pengelolaan kelas untuk kegiatan mendongeng, pengorganisasian anak, pengelolaan tempat duduk anak, penataan ruang kelas, penataan media, kebersihan, kerapihan, keindahan serta pemilihan media sesuai karakter tokoh dalam mendongeng, (3) evaluasi kegiatan pelatihan mendongeng berjalan dengan lancar dan menyenangkan, dibuktikan dengan kemampuan literasi guru PAUD pada skala 4 kriteria baik, pelaksanaan mendongeng pada skala 4 kriteria baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Al-Wasilah, A. Chaedar. 2012. Pokoknya Rekayasa Literasi. Bandung: Kiblat Buku Utama,
Barrat-Pugh, Caroline dan Mary Rohl. 2000. Literacy Learning in The Early Years. Australia: Perpetua.
Beverly, Otto, 2015, Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini, Edisi Ketiga, Terjemahan: Tim Penerjemah Prenada Media Grup, Jakarta: Kencana Prenada.
Beverly, Otto. 2015. Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Hudhana, Winda Dwi, Ariyana, 2018, Menanamkan Budaya Literasi Pada Anak Usia Dini Melalui Mendongeng, Jurnal.umt.ac.id.index php., hal 80-85.
Izzaty, Rita Eka. 2005. Mengenali Permasalahan Perkembangan Anak Usia TK. Jakarta: Depdiknas.
Jo Ann Brewer. 1992. Introduction to: Early Childhood Education Preschool Through Primary Grades. Boston: Allyn Bacon.
Kemendikbud. 2015. Mendikbud Canangkan Gerakan 10 Menit Membaca Cerita Untuk Anak. Jakarta: Kemendikbud.
Kurniawan Heru, 2016. Kreatif Mendongeng Untuk Kecerdasan Jamak Anak, Jakarta: Kencana.
Musfiroh, Takriroatul. 2009. Baca Tulis Untuk Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.
N.Permatasari, Andaluasia, Dinar Nur Intan, Dewi Mulyani, Nani Rahminawati. 2017. Literasi Dini Dengan Teknik Bercerita. Jurnal Family Edu, UPI, Vol III No.1, April 2017, hal 20-28, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Neuman, M.M., Hood, M. dan Neuman, D.L. 2009. The Scaffolding of Emergent Literacy Skills in The Home Enviroment: A Case Study, Journal of Early Childhood Education, 36 (10), 314.
Priyono, Kusumo, 2016. Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo.
Santrock, J.W. 2012. Life Span Development. New Jersey: Prentice Hall.
Sumaryanti, Lilis, 2018, Membudayakan Literasi Pada Anak Usia Dini Dengan Metode Mendongeng, Jurnal al Asasyya: Jurnal Basic of Education, Vol 03, No. 01, Juli-Desember 2018, hal 117-125.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v7i2.8602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]