PENINGKATAN KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA MELALUI KEGIATAN FUN COOKING
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan logika matematika anak kelompok B2 melalui kegiatan fun cooking di TK Negeri Pembina Pandeglang tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2 yang terdiri dari 15 anak yaitu 9 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Penelitian ini dilakukan di TK Negeri Pembina Pandeglang yang berlokasi di jalan Perkantoran Cikupa No. 2 Kecamatan Pandeglang Kabupaten Pandeglang Provinsi Banten. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang dilakukan melalui dua siklus, yaitu siklus I terdiri dari 8 tindakan dan siklus II terdiri dari 2 tindakan. Siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, wawancara dan catatan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh pada pra-penelitian kecerdasan logika matematika anak 36%. Setelah anak diberikan tindakan pada siklus I, kecerdasan logika matematika anak meningkat menjadi 67%, pada siklus II di peroleh hasil sebesar 79%. Dengan demikian, kecerdasan logika matematika anak sudah meningkat dan berada pada taraf berkembang sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan kegiatan fun cooking dapat meningkatkan kecerdasan logika matematika pada anak kelompok B2 di TK Negeri Pembina Pandeglang.
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
Adiningsih, Neni Utami. (2008). Permainan Kreatif Asah Kecerdasan Logis-Matematis BALITA. Bandung: PT Karya Kita.
Dodge, D.T. Laura, J.Colker and C, Heroman. (2002). The Creative Curiculum for Preschool Fourth Edition. Washington DC: Teaching Strategies Inc.
Dorothy, Einon. (2005). Permainan Cerdas Untuk Anak Usia Dini 2-6 Tahun. Jakarta: Erlangga
Fadlullah. (2011). Pendidikan Entrepreneurship : Berbasis Islam Dan Kearifan Lokal. Jakarta: Diadit Media
Kasmadi. (2013). Membangun Soft Skill Anak-Anak Hebat : Pembangunan Krakter dan Kreativitas Anak. Bandung : Alfabeta
Riduwan.(2010) . Belajar Metode Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandun: Remaja Rosdakarya
Rochiati. Wiraatmaja.(2010). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosda Karya
Satiadarma, Monty dkk. (2003).Mendidik Kecerdasan. Jakarta: Pustaka Populer Obor
Sujiono, Yuliani Nurani dkk. (2011) . Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009) . Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks
Suyadi, dan Ulfah Maulidya. (2015). Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya
Yaumi, Muhammad dan Ibrahim, Nurdin. (2015). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Kencana
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v7i2.9198
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Copyright © 2024 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini. All rights reserved.
Early Childhood Teacher Education Department (PGPAUD)
FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru Raya No.25 Serang Banten, Indonesia
Phone: 081514821060/087777133556
Email: [email protected]