PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAN MODEL MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
Abstrak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPA.Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampelnya kelas IV SD Negeri Samirono berjumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen menggunakan model Picture and Picture dan kelas IV SD Negeri Sumogawe 2 berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol menggunakan model Make a Match. Nilai posttest dianalisis menggunakan uji-T. Hasil uji hipotesis menunjukkan signifikansi sehingga Ho diterima dan Ha ditolak.Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa. Kemudian hasil belajar siswa yang menggunakan model Picture and Picture dan Make a Match memiliki kemampuan yang seimbang.
Kata Kunci: picture and picture, make a match, hasil belajar, SD.
Abstract.The purpose of this study is to know how the effect of the application of learning models Picture and Picture and Make a Match about the results of student learning science subjects. This research is experimental research design using Nonequivalent Control Group Design. Elementary School fourth grade sample Samirono total of 20 students as an experimental class using a model Picture and Picture and fourth grade primary school students Sumogawe 2 total 25 as the control class using a model Make a Match. Value posttest were analyzed using t-test. Hypothesis test results show the significance so Ho accepted and Ha rejected. Conclusions This study shows that there is no effect on student learning outcomes. Then the learning outcomes of students who used the model Picture and Picture and Make a Match has the ability to balance.
Keyword : picture and picture, make a match, learning outcomes, elementary school
Full Text:
PDFReferences
Akbar, Aulia. 2017. Membudayakan Literasi Dengan Program 6M Di Sekolah Dasar. JPSD. 3 (1), 42-52.
Arikunto, Suharsisni. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:Rineka Cipta.
Bilqis, Syachruroji, A., & Taufik, M. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Antara Model Problem Based Learning Dengan Model Pembelajaran Langsung. JPSD, 2 (2), 147-155.
Farliani, Arlin., Nulhakim, Lukman., & Syachruroji. A. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Learning Cycle Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 1 (2).
Haqul, Moch Syaiful. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil belajar IPA Kelas V Sekolah Dasar. JPGSD, 4 (2), 196-205.
Hendracipta, Nana., Syachruroji, A., & Hermawilda. 2017. Perbedaan Hasil Belajar Siswa Antara Yang Menggunakan Strategi Inkuiri Dengan strategi Ekspositori. JPSD, 3 (1), 33-41.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Kesumaningrum, Citra Nur & Syachruroji, A. 2016. Perbedaan Hasil Belajar Kognitif Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Ekspositori Pada Konsep Energi. JPSD, 2 (2), 181-191.
Kristin, Firosalia. 2016. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Ditinjau Dari Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD. Scholaria, 6 (2), 74-79.
Mawardi & Sari, Desty Lusia. 2015. Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture dan Make a Match Ditinjau Dari Hasil Belajar Dalam Pembelajaran IPA Kelas 4 SD Gugus Mawar-Suruh. Scholaria, 5 (3), 82-99.
Muah, Tri. 2016. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Bagi Siswa Kelas VIIIG SMP Negeri 2 Tuntang Kabuapaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016. Satya Widya, 32 (2), 138-143.
Palguna, Putu Ngurah Dwija, Ni Nyoman Garminah, Dewa Nyoman sudana. 2015. Penerapan Metode Picture and Picture Berbantuan Media Gambar Beseri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Mimbar PGSD, 3 (1).
Pebriana, Gede Risa, Dibia, I Ketut, & Ndara Tanggu Rendra. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 7 (1), 1-10.
Putra, Nusa. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.
Rianti, Luh & Nulhakim, Lukman. 2017. Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining (SFAE) Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPA. JPSD, 3 (1), 64-73.
Sediasih. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Make a Match Pada Mata Pelajaran PKN Di Kelas V SDN Karyawangi 2. JPSD, 3 (1), 74-81.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Tustyana, I Kd Nova Kurnia., Dibia, & Kusmariyatni. 2016. Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil belajar IPA Kelas V. Mimbar PGSD, 4 (1), 1-11.
Yesiana, Putu Filma, Gading., I Ketut Putu, & Nanci, Riastini. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri Gugus IV Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Mimbar PGSD, 6 (3), 1-11.
Yuliana, Rina., Cahyani, Isah., & Sastromiharjo, Andoyo. 2015. Penerapan Strategi Partisipatif Melalui Media Gambar Denah Dan Kartu Pancing Foto Dalam Pembelajaran Pemahaman Konsep Dan Berbicara Siswa Sekolah Dasar. JPSD, 1 (2).
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.1441
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) is published by Department of Primary Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.
Publisher Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Cipocok Jaya, Kota Serang, Banten, Indonesia 42117 Email: [email protected]