Representasi Perempuan dalam Persfektif Gender (Analisa Wcana Kritis Van Dijk Pada Pemberitaan Kasus Hoaks Ratna S, Paet dalam Media Massa Republik dan Kompas.com
Abstract
This Research criticize biased gender news on cases hoax Ratna S. Paet in the mass media. Conducted by review text in the news content of mass media Republika and Kompas.com selected,by analysis critical discourse Van Dijk as a method of research used. How media represent Ratna S. Paet at dimension text, practices discourse, and sosiocultural by putting forward the feminine side. Given that language (text) in a critical view, is a place of discourse and practice of certain class powers, and the media helped strengthen it in society to shape social reality.
Penelitian ini mengkritisi bias gender pada pemberitaan kasus hoaks Ratna S. Paet yang disajikan media. Dilakukan dengan menelaah isi teks pemberitaan media massa Republika dan Kompas.com terpilih, melalui analisis wacana kritis Van Dijk sebagai metode penelitian yang digunakan. Bagaimana media disini merepresentasikan Ratna S. Paet pada dimensi teks, dimensi praktik wacana, serta dimensi sosiokultural dengan mengedepankan sisi perempuan didalamnya. Mengingat bahwa bahasa (teks) dalam pandangan kritis, merupakan tempat terjadinya wacana dan praktik kekuasaan kelas tertentu, dan media turut memperkuatnya di masyarakat hingga membentuk realitas sosial.
Full Text:
PDF (65-73)References
Ardianto, Elvinaro & Bambang Q-Anees. 2007. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media.
Biagi, Shierly. 2010. Media Impact : Pengantar Media Massa. Jakarta : Salemba Humanika.
Bungin, Burhan. 2008. Analisis Penelitian Data Kualitatif. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Diah Wulandari. Konstruksi Pemberitaan Politik Ber-Isu Gender. Universitas Diponegoro. 2013
Hardiyanti, I. (2019). Evaluasi Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera ( P2WKSS ) di Kabupaten Serang Tahun 2017. International Journal of Demos, 1(1), 54–77.
(https://www.megapolitan.kompas.com/pernyataan-lengkap-ratna-sarumpaet/)
(https://www.republika.co.id/page-about/)
(https://inside.Kompas.com/about.us)
McQuail, Denis. 1994. Teori Komunikasi Massa : Suatu Pengantar. Jakarta : Erlangga.
Pratama, A. A. (2019). Politik Tubuh Perempuan : Studi Tes Genitalia pada Perekrutan Anggota Polisi Baru di Indonesia. International Journal of Demos, 1(3), 330–345.
Rakhmat, Jalaludin. 2014. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Ruslan, Rosady. 2008. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Santoso, M. Widjajanti, 2011. Sosiologi Feminisme ; Konstruksi Perempuan dalam Industri Media. Yogyakarta : LKis.
Sarwono, Billy.K. 2013. Saatnya Media Pro Perempuan. Yogyakarta : Lingkar Media.
Sekar H. Tyas. Penggambaran Perempuan Melalui Bahasa Media Massa. Universitas Indonesia. 2014
Sinung Utami. Representasi Koruptor Perempuan dalam perspektif Gender. Universitas Padjajaran Bandung. 2014
Sobur, Alex. 2001. Analisis Teks Media ; Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana, Analisis Semiotik, dan Analisis Framing. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Subiakto, Henry & Rachmah Ida. 2012. Komunikasi Politik, Media, & Demokrasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Zamroni, Mohammad. 2009. Filsafat Komunikasi : Pengantar Ontologis, Epistemologis, Aksiologis. Yogyakarta. Graha Ilmu.
DOI: http://dx.doi.org/10.31506/jsc.v1i2.7803
Refbacks
- There are currently no refbacks.