Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion di Shopee

Nafingatunisak Nafingatunisak, Heni Hirawati

Abstract


The research was conducted with the aim of analyzing the level of influence of online customer review and online customer rating variables on purchasing decisions for fashion products at Shopee using a population of all students of the Faculty of Economics, Tidar University by taking a sample of 96 respondents with certain criteria. This research is a quantitative research that uses regression analysis with the help of SPSS to solve problems. The data used is primary data with data collection techniques distributing questionnaires to respondents. This study uses the analysis technique of the F test, t test, and determination test which then results in the online customer review and online customer rating variables having a positive and significant influence on purchasing decisions. The percentage level of influence of online customer reviews and online customer ratings on purchasing decisions is 35.2%, while the other 64.8% is influenced by other factors.  


Keywords


Online Customer Ratings; Online Customer Review; Purchasing Decisions

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ardianti, N. A., & Widiartanto. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian melalui Marketplace Shopee.(Studi pada Mahasiswa Aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55–66. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/view/23656

Auli, S. (2021). Pengaruh Diskon dan Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Shopee. Universitas Islam Malang.

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2021). Model Keputusan Pembelian melalui Kepuasan Konsumen pada Marketplace: Kualitas Produk dan Kulitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran). JMPIS : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1

Dwi Amelia, R., Michael, & Rachman, M. (2021). ANALISISONLINE CONSUMER REVIEWTERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE KECANTIKAN. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(2), 274–280.

Farki, A., Baihaqi, I., & Wibawa, B. M. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating terhadap Kepercayaan dan Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS, 5(2), 614–619.

Hardi, M. D. (2021). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Marketplace Shopee ( Studi pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kota Kisaran ). Skripsi.

Ivadah, M. N., & Sharif, O. O. (2021). Pengaruh Ulasan Produk terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Fashion pada E-Commerce Shopee. E-Proceeding of Management, 8(4), 3282.

Latief, F., & Ayustira, N. (2020). Pengaruh Online Costumer Review dan Customer Rating terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Di Sociolla. Jurnal Mirai Management, 6(1), 139–154. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/miraipg.139

Ninggrum, A. S., & Purnama, I. (2021). Analisis Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Putri Agata. DIMENSI, 10(3), 510–526. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms

Ningsih, E. S. P. (2019). Pengaruh Rating dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian secara Online pada Marketplace Shopee [Skripsi]. Universitas Muhammadiyah Makassar.

Shafa, P. M., & Hariyanto, J. (2020). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, dan Metode Pembayaran terhadap Keputusan Pembelian dalam Berbelanja Online melalui Aplikasi Shopee (Studi Kasus pada Pengguna Aplikasi Shopee di Bekasi).

Wahyudi, T., Handayani, B. R., & Sarmo, S. (2019a). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop.

Wahyudi, T., Handayani, B. R., & Sarmo, S. (2019b). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap Kepercayaan Konsumen Remaja Kota Mataram pada Pembelian Produk Fashion Shopee Online Shop. JRM, 19(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v15i1.16944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: jsm@untirta.ac.id

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.