Motivasi dan Pengetahuan Investasi Generasi Zenial Dalam Meningkatkan Minat Investasi di Pasar Modal

Fuzi Waliyul Mujtahidin

Abstract


This study aims to determine the effect of investment motivation and investment knowledge on the interest in investing in the z generation. This research is a type of quantitative research using a survey method given to Generation Z. Determining the number of samples in this study were 100 respondents with the sampling method used was judgment sampling. The measurement tool in this study uses an interval scale of 1-5. Respondents gave answers in the range of answers from strongly disagree to strongly agree. Then, the analysis used is Regression Analysis. This analysis is assisted by using the SPSS program. The results of this study indicate that investment motivation has an effect on investment intention, while investment knowledge has no effect on investment intention.

Keywords


investment motivation; investment knowledge; investment intention

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Albab, A. U., & Zuhri, S. (2019). Pengaruh Manfaat, Pengetahuan dan Edukasi Terhadap Minat Mahasiswa Dalam Berinvestasi di Pasar Modal Syariah (Study Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Li Falah: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam, 4(1), 129–138.

Bakhri, S. (2018). Minat Mahasiswa dalam Investasi di Pasar Modal. Al-Amwal: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syari’ah, 10(1), 146–157.

Cahya, B. T., & Kusuma W, N. A. (2019). Pengaruh Motivasi dan Kemajuan Teknologi Terhadap Minat Investasi Saham. Al-Masharif: Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Keislaman, 7(2), 192–207.

Darmawan, A., & Japar, J. (2019). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimal, Pelatihan Pasar Modal dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal (Studi Pada Mahasiswa FEB Universitas Muhammadiyah Purwokerto). Neraca, 15(1), 1–13.

Efferin, S. (2006). Knowledge Economy, Knowledge Management dan Akuntansi: Prospek dan Tantangan. Akuntansi Dan Teknologi Informasi, 5(1), 69–82.

Fahreza, M., & Surip, N. (2018). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Persepsi Risiko, dan Persepsi Kontrol Perilaku Terhadap Minat Investasi Saham. Jurnal SWOT, 8(2), 346–341.

Fahriani, D. (2012). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Jurnal Ilmu & Riset Akuntansi, 1(12), 1–22.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro. http://kin.perpusnas.go.id/DisplayData.aspx? pId=218217&pRegionCode=UN11MAR&pClientId=112

Hair, J. F. (1995). Multivariate Data Analysis: With Readings (4th ed.). Prentice Hall.

Halim, A. (2005). Analisis Investasi (2nd ed.). Salemba Empat.

KBBI. (2021). Minat. https://kbbi.web.id/minat

Kusmawati. (2011). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar Modal Dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat. Jurnal Ekonomi Dan Informasi Akuntansi (JENIUS), 1(2), 103–117.

Kusuma, P. A., & Priantinah, D. (2012). Pengaruh Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Dividen Per Share (DPS) Terhadap Harga Saham Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2008-2010. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 1(2), 50–64.

Mahakama, D. C. (2019). Analisis Faktor-Faktor Minat Investasi Mahasiswa Unisnu Jepara di Galeri Investasi Syariah Unisnu Jepara (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unisnu Jepara). UNISNU Jepara.

Mahendrayani, P. Y., & Musmini, L. S. (2021). Pengaruh Pemahaman Investasi, Penggunaan Teknologi Media Sosial dan Hubungan Petemanan Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Akuntansi Profesi, 12(2), 294–305. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Maulida, F. R. (2020). Pengaruh Pengetahuan Investasi, Modal Minimum Investasi, Motivasi, Return dan Resiko Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal. Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara.

Negara, A. K., & Febrianto, H. G. (2020). Pengaruh Kemajuan Teknologi Informasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi Generasi Milenial di Pasar Modal. Jurnal Business Management Journal, 16(2), 81–95. https://doi.org/10.30813/bmj

Nurcahyo, B., & Riskayanto, R. (2018). Analisis dampak penciptaan brand image dan aktifitas word of mouth (WOM) pada penguatan keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 3(1), 14–29.

Pajar, R. C. (2017). Pengaruh Motivasi Investasi dan Pengetahuan Investasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Pada Mahasiswa FE UNY [Universitas Negeri Yogyakarta]. https://core.ac.uk/download/pdf/154913746.pdf

Ramadani, T. R., Ginting, S. Z. D., & Siburian, R. M. (2022). Pengaruh Pengetahuan dan Persepsi Resiko Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Riau dalam Berinvestasi di Pasar Modal pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1–7.

Stiggins, R. J. (1994). Student-Centered Classroom Assessment. Macmillan College Publishing Company.

Sugiama, A. G. (2008). Metode Riset Bisnis dan Manajemen. Guardaya Intimarta.

Wahyudi, Z., Aziz, H. A. A., & Mas’ud, R. (2021). Pengaruh Return, Risiko dan Harga Saham Terhadap Minat Berinvestasi Anggota Galeri Investasi Syariah (GIS) UIN Mataram Pada PT. Phintraco Securities. Schemata: Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 10(1), 91–106.

Widyastuti et al. (2004). Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Simposium Nasional Akuntansi VII.

Yuwono, S. R. (2011). Pengaruh Karakteristik Investor Terhadap Besaran Minat Investasi Saham di Pasar Modal. Universitas Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v15i2.18038

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: [email protected]

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.