Pengembangan Layanan 112 Berkaca Dari Sistem Integrated Database Management 911 Amerika Serikat

Madeline Renata, Laurentia Yuke Elsinta, Casia Chiquitita

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan maksud untuk menganalisis layanan darurat 112 di Indonesia melalui studi komparasi dengan layanan darurat 911 yang beroperasi di Amerika. Tujuannya adalah untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan 112 masih belum begitu diandalkan oleh masyarakat Indonesia secara keseluruhan ketika situasi darurat sedang terjadi. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode netnografi, di mana media sosial digunakan sebagai sumber informasi utama dalam mengumpulkan opini masyarakat umum di Indonesia. Platform yang menjadi sumber utama penelitian adalah media sosial YouTube, Instagram, dan Twitter. Objek penelitian terdiri atas komentar-komentar yang diberikan oleh para pengguna media sosial pada video atau gambar yang diunggah terkait layanan 112 dan 911. Hasil penelitian menunjukkan hasil yang beragam dari masyarakat, baik positif maupun negatif dalam mengomentari layanan 112. Secara operasional, sistem layanan 112 telah berjalan dengan baik, namun masih terdapat beberapa aspek dari layanan 112 yang dapat dikembangkan lagi seperti kurangnya sosialisasi dan edukasi.

Keywords


layanan 112; situasi darurat; layanan umum; analisis komparasi; optimasi sistem

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Communications History: Official Website of Fayette County, Georgia. (2015). Fayettecountyga.gov. https://fayettecountyga.gov/911_communications/history

-1-1 Origin & History - National Emergency Number Association. (2022). Nena.org. https://www.nena.org/page/911overviewfacts

Abdillah, M. Z., Nawangnugraeni, D. A., Hakim, A., & Yuniarto, P. (2021). Geographic Information System(GIS) for Mapping Greenpark Using LeafletJS. Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), 5(2).

Abdulsyani. (2011). Sosiologi Kriminalitas. Bandung: CV Remadja Karya.

Annugerah, A., Astuti, I. F., & Kridalaksana, A. H. (2016). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Lokasi Toko Oleh-Oleh Khas Samarinda. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 11(2), 43. https://doi.org/10.30872/jim.v11i2.213

Aronoff, S. (1989). Geographic Information Sistem: A Management Perpective, Ottawa, Canada: WDL Publication

Bakry, U. S. (2017). Pemanfaatan Metode Etnografi dan Netnografi Dalam Penelitian Hubungan Internasional. Jurnal Global & Strategis, 11(1), 15. https://doi.org/10.20473/jgs.11.1.2017.15-26

Daromo, A., 2016, Integrasi Informasi Pemerintahan: Analisis Intitusional Komparatif, Prosiding SENTIA, 8, A196–A201

Data Integration for Emergency Services | Real Time Data | FME. (2022). Retrieved June 1, 2022, from Safe Software website: https://www.safe.com/industry/emergency-services-solutions/

Ependi, U. (2018). Geographic Information System Produksi Energi dan Pertambangan Kabupaten Musi Banyuasin. Jurnal Nasional Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(3), 360–369. https://doi.org/10.25077/teknosi.v3i3.2017.360-369

Gramlich, J. (2020, November 20). What the data says (and doesn’t say) about crime in the United States. Pew Research Center; Pew Research Center. https://www.pewresearch.org/fact-tank/2020/11/20/facts-about-crime-in-the-u-s/

Hidayatullah, R. (2022). University of Lampung | LPPM-UNILA Institutional Repository (LPPM-UNILA-IR). Unila.ac.id. https://doi.org/http://repository.lppm.unila.ac.id/41690/1/13394

KOMINFO. (2022). Penyatuan Semua Layanan Darurat ke Nomor Tunggal 112. Retrieved June 4, 2022, from Website Resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika RI website: https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/6786/Penyatuan-Semua-Layanan-Darurat-ke-Nomor-Tunggal-112/0/sorotan_media

Komunikasi, D., Persandian, I. D. A. N., & Banyuwangi, K. (n.d.). PEDOMAN TEKNIS PENYEDIAAN LAYANAN.

Layton, J. (2006, July 12). How 9-1-1 Works. HowStuffWorks; HowStuffWorks. https://people.howstuffworks.com/9-1-1.htm

Mutia, A. (2021, June 17). 10 Negara dengan Tingkat Kriminalitas Tertinggi di

Dunia 2021. Katadata.co.id; Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/17/10-negara-dengan-tingkat-kriminalitas-tertinggi-di-dunia-2021

‌Oktaviani, N. (2018). BELAJAR ONLINE MELALUI AKTIVITAS PENGEMBANGAN WIRAUSAHA KULINER BERBASIS KOMUNITAS ONLINE ( Studi Pada Komunitas Online “ LE ” Media Sosial Facebook ). 1, 1–2.

Pelayanan Publik “ Apa dan mengapa Ada Pelayanan Publik ? .” (2019). Retrieved May 5, 2022, from Riau.go.id website: https://bkd.riau.go.id/index.php/berita/pelayanan-publik-apa-dan-mengapa-ada-pelayanan-publik-2

PELAYANAN PUBLIK. (2015). Retrieved May 5, 2022, from Pn-karanganyar.go.id website: https://pn-karanganyar.go.id/main/index.php/berita/artikel/973-pelayanan-publik#:~:text=Penyelenggaraan%20pelayanan%20publik%20meliputi%20pelaksanaan,kepada%20masyarakat%3B%20dan%20pelayanan%20konsultasi

Portal Layanan Panggilan Darurat 112. (2015). Retrieved May 3, 2022, from Kominfo.go.id website: https://layanan112.kominfo.go.id/tentang

Prawira. (2011, October 3). Alasan Polisi Tak Angkat Telepon 112. Retrieved June 4, 2022, from Tribunnews.com website: https://www.tribunnews.com/regional/2011/10/04/alasan-polisi-tak-angkat-telepon-112

Saputra, A., Bidang, P., & Pengamatan, T. (n.d.). Manajemen Basis Data MYSQL pada. Alhadi Saputra. Retrieved from Alhadi Saputra website: http://jurnal.lapan.go.id/index.php/berita_dirgantara/article/viewFile/1733/1568

Smith, E. (2017, June 28). The Curious History of the 911 Emergency System. Popular Mechanics; Popular Mechanics. https://www.popularmechanics.com/technology/infrastructure/news/a27114/911-emergency-system/

Softbless. (2016, November 3). Data Integration. Retrieved May 4, 2022, from Softbless.com website: https://www.softbless.com/data-integration#:~:text=Adapun%20alasan%20diperlukannya%20integrasi%20data,Terhindar%20dari%20adanya%20duplikat%20data

Tingkatkan Pelayanan, Operator Dan Dispatcher NTPD 112 Dilatih – MakassarKota. (2019, August 22). Retrieved June 5, 2022, from Makassarkota.go.id website: https://makassarkota.go.id/tingkatkan-pelayanan-operator-dan-dispatcher-ntpd-112-dilatih/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=tingkatkan-pelayanan-operator-dan-dispatcher-ntpd-112-dilatih

What is an Integrated Database? (2022, April 10). Retrieved May 4, 2022, from EasyTechJunkie website: https://www.easytechjunkie.com/what-is-an-integrated-database.htm




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v15i2.19281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: jsm@untirta.ac.id

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.