Analisis Faktor Internal dan Eksternal Yang Mempengaruhi Strategi Bisnis Clothessure Dalam Menghadapi Tantangan Industri Fashion

Surya Nugraha, Agus Rahayu, Puspo Dewi Dirgantari

Abstract


Seiring dengan pertumbuhan industri fashion yang semakin pesat, hal tersebut menimbulkan persaingan pada bisnis fashion di Indonesia. Adanya persaingan yang ketat tersebut mengharuskan para pebisnis atau yang memiliki bisnis di industri fashion harus selalu memperhatikan dan memenuhi kebutuhan pasar, hal tersebut guna tercapainya competitive advantage di tengah ketatnya persaingan di industri tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi yang digunakan oleh Clothessure. Untuk memenangkan persaingan dagang bersama kompetitor lain, Clothessure tentunya harus memiliki strategi pengembangan yang tepat untuk keberlangsungan perusahaan. Strategi pengembangan yang dimaksud dapat dilakukan dengan beberapa beberapa analisis diantaranya adalah analisis faktor internal dan eksternal, analisis IFE Matrix dan EFE Matrix. Jenis metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis data primer yang didapat dari pihak internal perusahaan bisnis Clothessure.

Kata kunci: Analisis SWOT, IFE, EFE Matrix, Industri Fashion


Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Afifah, H., & Rohman, F. (2022). PENERAPAN STRATEGI BISNIS PADA USAHA FASHION. JURNAL KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI, 269-277.

Agrivina1, D., & Komara, E. F. (2022). Analisis Abnormal Return, Trading Volume Activity, Dan Market Capitalization. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 1-11.

Kuncoro, E. A. (2010). ANALISIS PERUMUSAN STRATEGI BISNIS PADA. Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Nusantara, 169-183.

Moko, W., & Wulandari, D. D. (2022). ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PADA UMKM BUSANA CLOURA MENGGUNAKAN PENDEKATAN ANALISISSWOT DAN QSPM MATRIKS. JURNAL KEWIRAUSAHAAN DAN INOVASI, 1-11.

Nafingatunisak, & Hirawati, H. (2022). Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating terhadap. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 89-101.

Permana, E., & Herlan. (2022). Strategi Pengembangan Bisnis UKM di Sentra UKM Fashion. JURNAL MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 20-33.

Putri, B. F., & Gunawan, T. (2021). ANALISIS STRATEGI BISNIS TOKO KOLEKSI MAMA DALAM. 42-53.

Triolita, N. (t.thn.). ANALISIS SWOT BISNIS FASHION SAAT PANDEMI COVID 19. Jurnal Bisnis & Teknologi Politeknik NSC Surabaya, 40-43.

Utami, E., & Imron, A. (2012 ). PERUMUSAN STRATEGI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmiah Teknik Industri , 1-10.

Zainuri, R., & Setiadi, P. B. (2023). TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS: ANALISIS SWOT DALAM. JURNAL MANEKSI, 22-25.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v15i2.19663

Refbacks



Copyright (c) 2023 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: jsm@untirta.ac.id

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.