Pengembangan Digital Tourism sebagai Media Promosi Objek Wisata Telaga Menjer

Rofiaregina Rofiaregina, Muhammad Syah Fibrika, Asmi Ayuning Hidayah

Abstract


Dalam beberapa tahun terakhir, industri pariwisata mengalami pertumbuhan yang signifikan. Salah satu nya yaitu implementasi ekosistem digital melalui digital tourism. Meskipun demikian, pengembangan digital tourism di objek wisata Telaga Menjer masih dihadapkan dengan hambatan tertentu. Dalam hal ini, penggunaan digital tourism dalam mempromosikan objek wisata sangat tergantung pada target konsumen yang dituju. Sebelum merumuskan strategi pengembangan digital tourism, sangat penting untuk memahami proses bagaimana wisatawan memilih objek wisata sebagai tujuan dan menciptakan permintaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengenali karakteristik wisatawan, mengevaluasi pengalaman digital tourism, mengukur kesiapan teknologi para wisatawan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan digital tourism di Kawasan Wisata Telaga Menjer. Selain itu, penelitian ini juga akan menyusun strategi pengembangan digital tourism sebagai sarana promosi objek wisata Telaga Menjer. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif untuk data kuantitatif.

Berdasarkan hasil analisis dan wawancara, ditemukan bahwa sebagian besar yh6n wisatawan siap menggunakan teknologi selama berwisata, meskipun pengalaman digital mereka selama berwisata masih dianggap rendah dibandingkan pengalaman sebelum dan sesudah berwisata. Kendati begitu, pengelola objek wisata masih menghadapi kendala dalam mengadopsi teknologi. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antar stakeholder untuk memperbaiki pengembangan digital tourism sebagai media promosi di objek wisata Telaga Menjer. Penelitian selanjutnya dapat mengkaji lebih lanjut pendekatan yang sesuai untuk mengembangkan konten promosi yang dapat disesuaikan dengan perilaku ekonomi.

Keywords


Pariwisata; Pariwisata Digital; Kesiapan Teknologi

Full Text:

PDF

References


Andina, Sabila Almas, and Istijabatul Aliyah. "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Wisatawan Dalam Mengunjungi Wisata Budaya Candi Borobudur." Cakra Wisata 22.1 (2021).

Arjana, I Gusti Bagus, 2016, Geografi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Edisi 1, Cetakan 2, Rajawali Pers, Jakarta.

Benyon, D., Quigley, A., O'Keefe, B, Riva, G. (2014). Presence and digital tourism.AI & Society 29(4), 521-529

Deloitte. (2021).Deloitte Consumer Insights Adapting to the New Normal inIndonesia.

Dieng Plateau. (2019). Telaga Menjer. https://diengplateau.com/obyekwisata/telaga-menjer/

Disparbud Kabupaten Wonosobo. (n.d.). Telaga Menjer. Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo. Retrieved December 3, 2022, from https://disparbud.wonosobokab.go.id/postings/details/1029382/Telaga_Menjer.HTML

GoogleTrends.(2022).WisataWonosobo-Explore-GoogleTrends.https://trends.google.com/trends/explore?cat=208&date=today%205-y&geo=ID&q=wisata%20wonosobo

Heliany, I. (2019). Wonderful digital tourism Indonesia dan peran revolusi industri dalam menghadapi era ekonomi digital 5.0. Destinesia: Jurnal Hospitaliti Dan Pariwisata, 1(1), 21-35.

Kotler, P., & Keller, K.L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Edinburgh: Pearson Education.

Kemenparekraf. (2021a). Outlook Pariwisata 20202021.

Kominfo. (2015). Kementerian Komunikasi dan Informatika. https://www.kominfo.go.id/index.php/content/detail/5640/Saatnya+Kembangkan+Potensi+Pariwisata+Indonesia/0/infografis

Marsono, Dkk. (2016). Dampak Pariwisata Religi Kawasan Masjid Sunan Kudus Terhadap Ekonomi, Lingkungan, Dan Soial Budaya. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Parasuraman,A.(2016).TechnologyReadinessIndex(Tri):AMultiple-ItemScaletoMeasureReadinesstoEmbraceNewTechnologies.Http://Dx.Doi.Org/10.1177/109467050024001, 2(4), 307–320.https://doi.org/10.1177/109467050024001

Pertiwi, W. N. B., & Lusianingrum, F. P. W. (2022). Generasi Z Memanfaatkan Media Sosial Dalam Menentukan Pulau Tunda Sebagai Tujuan Wisata Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Mea (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 6(3), 891-904.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.

Watson,T.J.(2015).InternationalEncyclopediaoftheSocial&BehavioralSciences. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences:SecondEdition.ElsevierInc.https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.32071-2

WTTC.(2021). Global EconomicImpact and Trends 2021.

Yanti,D.(2019).AnalisisStrategiPengembanganDigitalTourismSebagaiPromosiPariwisataDiTobaSamosir.JurnalDarmaAgung,XXVII,814–821.http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnaluda/article/view/137/158

Zaenal,A.Z.,Kamase,J.,&Serang,S.(2020).AnalisisDigitalMarketingdanWordofMouthSebagaiStrategiPromosiPariwisata.TataKelola,7(1),62–77.https://doi.org/10.52103/TATAKELOLA.V7I1.98

Zakia. (2021). Ecotourism in Indonesia: Local Community Involvement and TheAffectingFactors.JournalofGovernanceandPublicPolicy,8(2),LAYOUTING.https://doi.org/10.18196/jgpp.v8i2.10789




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v15i2.19891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: jsm@untirta.ac.id

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.