Peran Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Rokok PT. Gudang Garam Cabang Banten

Fuadi fuadi, Indar Riyanto, Firli Agusetiawan Shavab

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh merek dan kualitas produk terhadap minat beli rokok  PT. Gudang Garam Tbk. Cabang Banten, sampelnya berjumlah 100 orang merupakan  konsumen di PT. Berkah Jaya Sakti Cabang Serang. Hasil pengujian yang diperoleh nilai Fhitung sebesar  29,431  dengan nilai probabilitas (sig)= 0,000.  Nilai  Fhitung (29,431) > Ftabel (3,089), dan nilai sig lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 atau nilai 0,00 < 0,05 ; maka H3 diterima, berarti secara bersama-sama (simultan) merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terbadap minat beli konsumen. Nilai R sebesar 0,615, artinya korelasi antara variabel merek dan kualitas produk terhadap variabel minat beli konsumen kuat (berada di 0,600 – 0,799). nilai R Square sebesar 0,378, artinya persentase kontribusi pengaruh variabel merek dan kualitas produk terhadap variabel minat beli konsumen adalah sebesar 37,8%, sedangkan sisanya sebesar 62,2% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Merek, Kualitas produk, Minat beli

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Adi, Bangun Wibowo, 2015. Pengaruh Suasana Toko, Promosi, dan Lokasi Terhadap Minat Beli di Planet Distro Kota Banjarmasin. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Armstrong, Kotler 2015, Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition, England : Pearson Education, Inc

Defriansyah, D., Daud, I., & Nailis, W. 2016. Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 4, 1-10.

Dewi, A. F., Hidayat, W., & Listyorini, S. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Promosi dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Rokok Marlboro (Studi kasus pada perempuan perokok di kecamatan Tembalang Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 231-242.

Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. 2016. Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang

Hariani et al, 2013. Pengaruh Variasi Temperatur dan Konsentrasi Minyak terhadap Rendemen dan Karakteristik Biodiesel dari Minyak Biji Kenari(Aleurites Moluccana). Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan.

Hartimbul Ginting, Nembah F. 2011. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV Yrama Widya

Kotler, P dan Keller L. 2013. Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi ke – 13 Alih Bahasa Bob Sabran, MM. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Liu, H. 2019. Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Produk Smartphone Xiaomi (Studi Kasus Di Jakarta Barat). Business Management Journal, 15(1).

Manorek, S. L. 2016. The Influence of Brand Image, adertising, Perceied Price toward Customer Purchase iNtention (Case Study : Samsung Smartphone). Jurnal Berkala Ilmiah Efesiensi. 16(1), 661-670.

Muharami, G., & Novianti, T. 2018. Analisis Kinerja Ekspor Komoditas Karet Indonesia ke Amerika Latin. Jurnal Agribisnis Indonesia, 6(1), 15-26.

Nafilah, K., Widarko, A., & ABS, M. K. 2019. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap keputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa FEB Universitas Islam Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 8(16).

Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sekaran, Uma. 2014. Metodologi Penelitian untuk Bisnis (Research Methods for Business). Buku 1 Edisi 4. Jakrta: Salemba Empat

Siregar, Sofyan. 2014. Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Sopiah dan Etta Mamang Sangadji. 2016. Salesmanship (Kepenjualan). Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijayasari, N., & Mahfudz, M. 2018. Pengaruh Brand Image, Kualitas, Persepsi Harga Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Sarung Gajah Duduk Di Kabupaten Pekalongan. Diponegoro Journal of Management, 7(2), 260-258




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v16i1.22310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: [email protected]

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.