Pengaruh Harga, Selera Konsumen, Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dilihat Dari Perspektif Manajemen Syariah (Studi Kasus: Sanjai Sil Aur Kuning Bukittinggi)

Maisaroh Maisaroh, Khadijah Nurani

Abstract


This study aims to analyze the effect of price, consumer tastes, and product quality on consumer satisfaction. This research is classified as quantitative. The approach used in this research is a descriptive quantitative approach. Sampling using purposive sampling method. The data used is primary data obtained from the owner Sanjai Sil, Aur Kuning Bukittinggi. While the data analysis technique used is Multiple Linear Regression, which includes Classical Assumptions Test, Instrument Test, Hypothesis Test, Multiple Linear Regression Analysis, Determinancy Test. analysis of this study uses SPSS 16, based on the results of the analysis of hypothesis testing T and F tests show that the independent variables (X1, X2, X3) partially affect the dependent variable (customer satisfaction / Y) while the value of X3 exceeds the established criteria, namely the value Sig, > 0.05 with a value of 0.87. Simultaneously X3 has no simultaneous effect on the dependent variable (Y) or H0 is rejected with a Sig value. >0.05. 

Keywords


Kepuasan Konsumen; harga; Selera Konsumen; Kualitas Produk

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Dita Putri, Srikandi Kumadji, and Sunarti Sunarti. (2016). “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan.” Jurnal Adiministrasi Bisnis (JAB)a 32(1).

Basuki, Agus Tri, and Nano Prawoto. (2016). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonmi Dan Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto. (2015). Konsumen Dan Pelayanan Prima. Bandung: Pustaka Setia.

Istinjato. (2005). Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir. (2008). Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip dan Amstrong, Gary. (2012). Dasar-dasar Pemasaran Edisi 9. Jakarta: PT. Indeks Gramedia.

Nasution, M. Nur. (2004). Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Bogor Selatan: Ghalia Indonesia.

Prayatno, Duwi. (2011). SPSS Analisis Statistic Data Lebih Cepat Lebih Akurat. Yogyakarta: Medikom.

Prayatno, Duwi. (2012). Cara Kilat Belajar Analisis Data Dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.

Putri, Budi Rahayu Tanama. (2007). Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Sangadji, Etta Memang, and Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Setyo, Purnomo Edwin. (2017). “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap

Kepuasan Konsumen Best Autoworks” Jurnal Manajemen dan

Start-up 6(1).

Suantara, I. Gusti Putu Endra, Made Artana, and Kadek Rai Suwena. (2014). “Pengaruh Selera Dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Di Kabupaten Buleleg.” Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi 4(1).

Sundalangi, Marchelyno, Silvya L Mandey, and Rotinsulu Jopie Jorie. (2014). “Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado.” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2(1).

Umar, Husein. (2000). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.

Widjajanta, Bambang, Widyaningsih, Aristanti. (2007). Mengasah Kemampuan Ekonomi. Bandung: Citra Praya.




DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v16i1.23028

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis

Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,

Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten

Telp/Fax (+62254) 3204321

E-mail: jsm@untirta.ac.id

 

Creative Commons License

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.