Eksplorasi Faktor – Faktor yang Berpengaruh pada Peningkatan Keputusan Pembelian Konsumen Marketplace Shopee
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Indonesian)References
DAFTAR PUSTAKA
Ahdiat, A. (2023). Pengunjung Shopee Makin Banyak, Bagaimana E-Commerce Lain. Retrieved from Databoks: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/10/11/pengunjung-shopee-makin-banyak-bagaimana-e-commerce-lain.
Astiana, Mustari, Supatminingsih, T., Said, M. I., & Hasan, M. (2022). Pengaruh Promosi, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Sistem E- Commerce Shopee Pada Pengguna Aplikasi Shopee di Kecamatan Mamasa Kabupaten Mamasa. Jurnal Ekonomi Sosial dan Humaniora, Vol. 4, No. 02, 14–26.
Chen, T., Samaranayake, P., Cen, X. Y., Qi, M., & Lan, Y. C. (2022). The Impact of Online Reviews on Consumers’ Purchasing Decisions: Evidence From an Eye-Tracking Study. Frontiers in Psychology, Vol. 13, 1–13.
Chindy, E. R. K. S. (2020). Perancangan Aplikasi Mobile Segar Sehat untuk Penjualan Produk Hortikultura Kebun Rumah Tangga Komplek Karyawan PT X Dengan Menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Agribisnis Terpadu, 259–256.
Davis, F. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, Vol.13, No. 13, 319–340.
Ekawati, P., Hidayati, N., & Saraswati, E. (2022). Pengaruh User Experience, Discount dan Kemudahan Akses terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Grabfood (Studi pada Mahasiswa Manajemen UNISMA Angkatan 2018). e – Jurnal Riset Manajemen, Vol. 11, No. 06, 89–98.
Fikri, A., & Silvianita, A. (2021). INFLUENCE OF CUSTOMER BEHAVIOUR AND CUSTOMER EXPERIENCE ON PURCHASE DECISION OF URBAN DISTRO. Business Journal: Jurnal Bisnis dan Sosial, Vol. 07, No. 02, 61–86.
Filieri, R & McLeay, F. (2014). E-WOM and Accommodation: An Analysis of the Factors That Influence Travelers Adoption of Information from Online Reviews. Journal of Travel Research, 44–57.
Halila Titin Hariyanto, L. T. (2020). Analisis Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, dan Star Seller Terhadap Kepercayaan Pelanggan Hingga Keputusan Pembelian pada Toko Online di Shopee. Jurnal Teknik ITS, 2.
Hammam, S. A., & Robert, E. (2021). The Effect of User Experience, Brand Image, and Trust on Purchase Decision in Social Cemmerce Facebook. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, Vol. 99, No.19, 4557–4568.
Handarkha, Y, D. (2020). Impact of Social Experience on Customer Purchase Decision in The Social Commerce Context. Journal of Systems and Information Technology, Vol. ahead-of-print, No. ahead-of-print. 1–25.
Hartini, S., Fasa, M. I., & Suharto. (2019). Etika Marketing Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Jurnal Ekonomi Syariah, Akuntansi Dan Perbankan, Vol. 3, No. 1, 75–93.
Haryanto, R., Setiawan, A., Nurhayati, Mertayasa, I. G. A., & Nugraha, A. R. (2024). Digital Marketing sebagai Strategi Pemasaran di Era Society 5.0: Sebuah Literature Review. Edunomika, Vol. 08, No. 02, 1–10.
Hasanah, U., Pudjoprastyono, H., & Izaak, W., C. (2023). The Influence Of Online Customer Reviews And Online Customer Ratings On Product Purchasing Decisions In The Marketplace (Study On Shopee Application Users In East Java). Management Studies and Entrepreneurship Journal, Vol. 4, No. 5, 6956–6963.
Heriyanto, A. Y. (2020). Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Alfamart dan Indomaret. SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 74–91.
Ichsan, H. M. (2018). Pengaruh Consumer Online Rating and Review Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Marketplace Tokopedia di Wilayah DKI Jakarta. e-Proceeding of Management , 2355–9357.
Jogiyanto, H. (2016). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta.
Kotler, P., & Keller, K. d. (2016). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Malhotra, N. K. (2010). Riset Pemasaran (Marketing Research) (Edisi 4 Jilid 1). Indonesia: PT Indeks.
Martini, L. K. B., Sembiring, E., & Paulus, F. (2022). Custumer Online Customer Rating dan Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Modeliafashion pada Marketplace Tokopedia Jakarta. Journal of Applied Management and Accounting Science, Vol. 4, No. 1, 15–24.
Mervyn Yudikaputra, E. T. (2023). Mediasi Kepercayaan Konsumen Pada Hubungan Kualitas Produk Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace (Survey pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa, 33–47.
Munthe, R. D. (2018). Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 7.
Nasermoadeli, A., Ling, K, C., & Maghnati, F. (2013). Evaluating the Impacts of Customer Experience on Purchase Intention. International Journal of Business and Management, Vol. 8, No. 6, 128–138.
Nugroho, I, A., & Laily, N. (2022). Pengaruh Promosi dan Kemudahan Akses Terhadap Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee dengan Mminat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Mahasiswa STIESIA Surabaya). Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol. 11, No, 7, 1–17.
Nur Fajri Hayyuni Maulidya, H. T. (2021). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Survei OnlineBerbayar Antar Mahasiswa berbasis Mobilemenggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Vol. 5, No. 8, 3356–3366.
Osman, S., & Ying, L. H. (2022). The Influence of Online Consumer Reviews on Purchase Intention among Young Adults. Global Business and Management Research: An International Journal, Vol. 14, No. 3s, 222–237.
Prihadi, D., & Agnes D., S. (2018). Pengaruh Kemampuan E-commerce dan promosi dI Media Sosial Terhadap Kinerja Pemasaran. Benefit Jurnal Manajemen dan Bisinis, Vol. 3, No. 1, 15–20.
Sahla, H. (2018). Konsep Pemasaran dalam Perspektif Ekonomi Islam. Maliyah : Jurnal Hukum Bisnis Islam, Vol.8, No. 1, 96–124.
Sanjaya, V. F,. & Hernita, S. J. (2020). Online Consumer Review, Brand Community, Trust and Consumer Purchase Decisions in Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol. 4, No. 2, 273–283.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wiryawan, M. (2011). User Experience (Ux) sebagai Bagian dari Pemikiran Desain dalam Pendidikan Tinggi Desain Komunikasi Visual. Binus Journal Publishing, 1158–1166.
Wulansari, D. (2023). Pengaruh Promosi Penjualan, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada E-Commerce Shopee. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, Vol.1, No.1, 78–89.
Yuliani, M., P., & Suarmanayasa, I., N. (2021). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review terhadap Keputusan Pembelian Poduk pada Marketplace Tokopedia. Jurnal Manajemen dan Bisnis, Vol. 3, No. 2, 146–154.
DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v17i1.27816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sultan Ageng TirtayasaJl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten
Telp/Fax (+62254) 3204321
E-mail: [email protected]
Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.