Eksplorasi Model Bisnis Digital AST Studio melalui Pendekatan Business Model Canvas
Herman Herman, Nursahdi Saleh, Sri Wahuni Zainuddin
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi model bisnis digital yang diterapkan oleh AST Studio, sebuah usaha jasa fotografi lokal, dengan menggunakan pendekatan Business Model Canvas (BMC). Di era digital, pelaku industri kreatif dituntut untuk menyesuaikan strategi bisnis mereka agar tetap relevan dan kompetitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi terhadap aktivitas bisnis AST Studio, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AST Studio telah berhasil mengintegrasikan sembilan elemen utama BMC secara efektif. Studio ini memiliki proposisi nilai yang kuat berupa layanan fotografi estetik berbasis digital, dengan segmen pelanggan utama generasi muda yang aktif di media sosial. Saluran distribusi dan relasi pelanggan dikelola melalui platform digital seperti Instagram dan WhatsApp, sementara arus pendapatan berasal dari layanan fotografi tematik dan jasa tambahan editing digital. Studio ini juga menunjukkan efisiensi dalam struktur biaya dan kolaborasi yang baik dengan mitra eksternal. Penelitian ini menyimpulkan bahwa AST Studio telah membangun model bisnis digital yang adaptif, terstruktur, dan sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Studi ini memberikan kontribusi pada pengembangan literatur bisnis digital di sektor industri kreatif dan merekomendasikan eksplorasi lanjutan terhadap inovasi digital dalam konteks usaha mikro dan kecil.
Keywords
model bisnis digital; Business Model Canvas; studio fotografi; AST Studio; bisnis kreatif; kualitatif
References
Foss, N. J., & Saebi, T. (2017). Fifteen Years of Research on Business Model Innovation: How Far Have We Come, and Where Should We Go? Journal of Management, 43(1), 200–227. https://doi.org/10.1177/0149206316675927
Lindiani Lindiani, Indah Registiana, Fauzan Fajrullah, & Indah Noviyanti. (2024). Analisis Strategi Promosi Bisnis UMKM Coffee Shop Dengan Menggunakan Media Sosial. Jurnal Bintang Manajemen, 2(2), 75–93.
https://doi.org/10.55606/jubima.v2i2.3061
DOI:
http://dx.doi.org/10.35448/jmb.v17i1.34455
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis
Redaksi SAINS: Jurnal Manajemen dan Bisnis,
Fakultas Ekonomi dan Bisnis,
Universitas Sultan Ageng TirtayasaJl. Raya Palka KM 3 Sindangsari, Pabuaran, Kab. Serang, Provinsi Banten
Telp/Fax (+62254) 3204321
E-mail: [email protected]

Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
toto slot
slot gacor
situs toto
slot gacor
payungtoto