Analisis Display Sinyal Kereta Api di Stasiun Langen
Abstract
Transportasi Kereta Api (KA) merupakan alat angkut yang efisien, cepat, relatif aman dan adaptif terhadap perkembangan jaman. Tujuan penelitian ini menganalisa display persinyalan KA dan semboyan 8 di Stasiun Langen meliputi dimensi, jarak visual, sudut pandang, warna, jarak dan letak sinyal serta papan semboyan 8. Metode yang digunakan adalah analisis display, yaitu dengan membandingkan tebal dan tinggi simbol angka batas kecepatan, kemudian menentukan jarak visual yang optimal bagi masinis untuk melihat sinyal, berdasarkan jarak visual dan tinggi sinyal, kemudian dihitung sudut visual yang terbentuk antara sinyal, mata masinis dengan garis pandang normal standar apakah melebihi sudut batas pembedaan warna atau tidak serta analisis warna sinyal. Selain display, hal-hal yang mendukung keamanan terhadap display sinyal juga diperhitungkan, seperti jarak papan semboyan 8 yang disesuaikan dengan waktu respon manusia standar dan jarak antar sinyal yang disesuaikan dengan jarak pengereman Kereta Api rangkaian terpanjang yang melintas di Langen. Jarak pengereman tersebut dihitung dengan menggunakan rumus Minden dan Simulasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A. S. Hartono. 2001. Majalah Jalan Rel. Kantor Pusat PT KAI. Bandung.
Kemenhub. 2012. KNKT. http://dephub.go.id/view/link/knkt/. (Diakses tanggal 12 Januari 2012).
KNKT. 2012. Analisis Data Kecelakaan dan Investigasi Kereta Api Tahun 2007 – 2011. Kementerian Perhubungan. Jakarta.
Nurmianto, E. 2008. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Guna Widya. Surabaya.
Panero, J dan Zelnik, M. 1979. Human Dimension & Interior Space. The Architectural Press Ltd. London.
PT INKA, LPPM dan ITS. 2010. Laporan Kemajuan Studi Rancang Bangun Maskara KRL – KFW, Lokomotif Dobel Kabin dan Animasi Kereta Api Bandara. INKA dan ITS. Madiun.
PT KAI. 2010. Peraturan Dinas 3 Mengenai Semboyan. Kantor Pusat PT KAI. Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i1.111
Refbacks
- There are currently no refbacks.