Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Jasa Pengiriman Pos Kilat Khusus

Apriyani Apriyani, Shanti Kirana Anggraeni, Ratna Ekawati

Abstract


PT. XX merupakan salah satu perusahaan milik negara yang bergerak dibidang jasa pengiriman. Salah satunya Pos Kilat Khusus yaitu jasa pengiriman baik berupa paket maupun surat dalam negeri (domestik) yang mengandalkan kecepatan kiriman dan menjangkau seluruh pelosok Indonesia. Bagi perusahaan jasa seperti PT. XX keberhasilan dalam memberikan pelayanan yang memuaskan pelanggan merupakan salah satu kunci sukses. Perusahaan harus memberikan pelayanan sesuai harapan pelanggan agar puas dan mengakibatkan pelanggan mempunyai loyalitas terhadap perusahaan. Penelitian ini bertujuan mengukur kualitas pelayanan di PT. XX dan menguji pengaruh langsung dari variabel Tangible (X1), Reliability (X2), Responsiveness (X3), Assurance (X4), Emphaty (X5) terhadap loyalitas, serta mengetahui variabel mana yang paling dominan berpengaruh. Metode yang digunakan adalah metode análisis regresi linear berganda. Dari pengolahan data diperoleh bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. XX adalah baik, artinya pelanggan merasa puas atas kualitas pelayanan yang diberikan PT. XX. Variabel independen yang dianalisis berpengaruh positif terhadap nilai loyalitas. Dari kelima variabel independen yang memberikan pengaruh paling dominan adalah variabel Responsiveness dengan koefisien regresinya sebesar 0,350.


Keywords


Kualitas Pelayanan (ServQual), Loyalitas, Regresi Linear Berganda.

Full Text:

PDF

References


Assauri, S. 1999. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Griffin, J. 2003. Customer Loyality: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Edisi revisi dan terbaru, Erlangga, Jakarta.Customer Loyalty : How to Keep it, How to earn it, New York; Lexington books.

Kotler, P. 1997. Manajemen pemasaran: Analisis perencanaan Implementasi dan Kontrol. Jilid I Dan Jilid II, PT Prenhalindo. Jakarta.

Solimun. 2002. Structural Equation Modelling (SEM). Cetakan I. Penerbit Universitas Negeri Malang. Malang.

Trihendradi, C. 2011. Langkah mudah melakukan Analisis Statistik menggunakan SPSS 19. C.V Andi Offset. Yogykarta.ssauri, Sofjan. 1999. Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i2.127

Refbacks

  • There are currently no refbacks.