Penjadwalan Pola Aliran Flow Shop 1-Stage dengan Sistem Lelang Untuk Meminimasi Weighted Tardiness dengan Mempertimbangkan Maintenance dan Waktu Set Up

Irfan Muhammad, Muhammad Adha Ilhami, Evi Febianti

Abstract


Penelitian ini dilakukan di perusahaan manufaktur yang memproduksi pipa baja las spiral dan longitudinal. Penelitian  dilatarbelakangi dari permasalahan penjadwalan yang masih konvensional di perusahaan  yang mana banyak job yang selesai tidak sesuai dengan due datenya. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penjadwalan dengan menggunakan metode sistem lelang (auction based) untuk meminimasi weighted tardiness dan membandingkan jadwal produksi usulan dengan jadwal inisial di perusahaan. Model penjadwalan sistem lelang mengadaopsi dari sistem lelang pada umumnya dimana mesin sebagai juru lelang, job sebagai peserta lelang dan slot waktu sebagai barang yang dilelang. Pada penelitian ini metode EDD digunakan sebagai perbandingan dengan hasil penjadwalan sistem lelang. Dari hasil penelitian didapat nilai weighted tardiness penjadwalan dengan sistem lelang yang optimal dalam arti lebih minimasi dibanding dengan metode EDD dan kondisi existing dengan nilai weighted tardiness sebesar 39 , dibandingkan dengan  nilai weighted tardiness pada metode EDD dan kondisi existing sebesar 106 dan 45  Dengan demikian penjadwalan dengan metode lelang lebih optimal dibanding dengan metode EDD dan kondisi existing dengan urutan jadwal pada mesin ERW adalah Job 1-Job 2-Job 3-Job 5-Job 4-Job 6-Job 7-Job 8-Job 9.


Keywords


Penjadwalan Sistem Lelang, Weighted Tardiness, Flow Shop 1-Stage, Sistem Lelang, Earliest Due Date (EDD)

Full Text:

PDF

References


Baker, K R., 1974. Introduction to Sequencing and Schedulling. John Wiley and Sons, Inc. New York.

Brucker, P. 2007. Scheduling Algoritms. Fifth Edition. Springer-Verlag Berlin Heidelberg. Germany.

Conway, R. W., et. al., 1967. Theory of Scheduling. MA: Addison-Wesley.

Dewan, P., Joshi,S.. 2002. Auction-Based Distributed Scheduling in a Dynamic Job Shop Environment. International Journal of Production System. vol. 40. no.5,pp. 1173-1191.

Fisher, M.L. 1981. Lagrangian Relaxation Method for Solving Integer Programming Problem. Management Science, Vol. 27, 1 – 18.

Hasriyono, M. 2009. Evaluasi Efektifitas Mesin Dengan Penerapan Total Productive Maintenance (TPM) Di PT. Hadi Baru. Tugas Akhir. Jurusan Teknik Industri, FT USU. Medan.

Ilhami, M. A., 2010. Pengembangan Model Penjadwalan Job Shop Dinamis yang Mempertimbangkan Routing Alternatif dengan Menggunakan Sistem Lelang. Tesis. Teknik dan Manajemen Industri. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Julaeha, E. 2011. Penjadwalan Mesin Paralel dengan Sistem Lelang untuk Meminimasi Weighted Tardiness. Skripsi. FT.Untirta. Cilegon.

Wibisono, D.A. 2012. Penjadwalan Mesin Pada Pola Aliran Flexible Flowshop 2-Stage Dengan Sistem Lelang Untuk Meminimasi Wieghted Tardiness. Skripsi. FT.Untirta. Cilegon.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v1i2.128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.