Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Produk Drum Oli Menggunakan Metode Dedicated Storage Di PT XYZ

Tb. Muhamad Arif Aliudin, Muhammad Adha Ilhami, Evi Febianti

Abstract


PT. XYZ merupakan perusahaan bergerak dalam distributor pelumas Permasalahan yang dihadapi oleh PT. XYZ adalah perusahaan tidak memiliki pengaturan mengenai tata letak produk. Saat ini untuk mengatur posisi penyimpanan dan penyusunan produk-produk tersebut, akibatnya pola penyimpanan dan penyusunan dilakukan secara acak bergantung pada posisi gudang yang kosong. Akibatnya jarak dan waktu angkut menjadi lebih lama (ada proses mencari). Metode dedicated storage ini merupakan metode tata letak penyimpanan produk berdasarkan banyaknya aktivitas keluar masuk produk di gudang dengan jarak tempuh terpendek terhadap I/O point (throughput). Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan luas area penyimpanan,menghitung total jarak material handling pada kondisi saat ini (existing), menghitung total jarak material handling pada kondisi usulan (penerapan dedicated dengan mengusulkan posisi produk drum oli secara berdiri dalam penempatan blok) menghitung penurunan total jarak material handling yang terjadi jika metode dedicated storage diterapkan. Oleh karena itu untuk dapat menjawab tujuan dari penelitian tersebut perlu dilakukan penerapan metode dedicated storage. Dengan adanya rancangan penyusunan penerapan dedicated storage ini diharapkan produk yang akan disimpan dapat menempati lokasi yang tetap untuk memudahkan operator dalam penyimpanan dan pengambilan produk, sehingga aliran produk menjadi lancar dan pemakaian area penyimpanan (space requirement) menjadi lebih optimal. Hasil tujuan yang diperoleh untuk luas area penyimpanan yang dibutuhkan sebesar 175,5m2, total jarak pergerakan material handling pada kondisi awal (existing) sebesar 877,3 m, memerlukan waktu sebesar 2371,08 s, total jarak jarak pergerakan material handling pada kondisi usulan sebesar 766,6 m, memerlukan waktu sebesar 2071,89 s, dan selisih jarak pergerakan material handling untuk gudang awal (existing) dengan gudang usulan 110,7 m, dengan persentase penurunan jarak 12,54%, sedangkan untuk selisih waktu pergerakan material handling untuk gudang awal (existing) dengan gudang usulan 299,19 s, dengan persentase penurunan waktu 12,62%.


Keywords


Dedicated Storage, Material Handling, Space Requirement, Tata Letak, Throughput.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, F., 2009, Usulan Perbaikan Tata Letak Gudang Produk Jadi Dengan Menggunakan Metode Dedicated Storage Di PT. Cahaya Kawi Ultra Polyntraco, Tugas Akhir, Departemen Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Apple, J.M. 1990. Tata Letak Pabrik Dan Pemindahan Bahan, Diterjemahkan Oleh Nurhayati Mardiono, ITB. Bandung.

Francis,R.L, 1992, Facility Layout and Location ,An Analitytical Approach,second Edition, Prentice Hall, New Jersey.

Heragu,S.S. 2006 Facilities Design. Second Edition. Lincoln. New York.

Purnomo,H, 2004, Perencanaan dan perancangan Fasilitas, Edisi Pertama, Penerbit Graha Ilmu, Y ogyakarta.

Sitompul, S.R.S., 2009, Perencanaan Tata Letak Gudang Produk Jadi Dengan Metode Storage/Retrieval Pada PT. Charoen Pokphand Indonesia, Tugas Akhir, Departemen Teknik Industri, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Tejasukmana, D.S., 2011, Perbaikan Tata Letak Gudang Peralatan Rumah Tangga Di Surabaya, Tugas Akhir, Teknik Industri, Universitas Surabaya, Surabaya.

Wignjsoebroto,S, 1996, Tata Letak Pabrik dan pemindahan Bahan, Penerbit Guna Widya, Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/jti.v3i1.359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.