PENGENDALIAN KUALITAS CACAT KARTON DIVISI NOODLE DENGAN MENGGUNAKAN METODE SIX SIGMA DI PT INDOFOOD CBP SUKSES MAKMUR, Tbk.

Dyah Lintang Trenggonowati, Gusti Imam Bimantara

Abstract


Kualitas adalah totalitas dari karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuannyauntuk memuaskan kebutuhan yang dispesifikasi atau diterapkan. Dengan adanya pengawasan kualitas maka perusahaan atau produsen berusaha untuk selalu memperbaiki kualitas dengan biaya rendah yang sama/tetap bahkan untuk mencapai kualitas yang tetap dengan biayarendah. Six Sigma adalah suatu visi peningkatan kualitas menuju target 3,4 kegagalan persejuta kesempatan (DPMO) untuk setiap transaksi produk baik barang maupun jasa. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk adalah perusahaan yang memiliki fokus produksi makanan dan minuman. Penelitian ini dilakukan di PT Indofood CBP Sukses Makmur pada divisi pembuatan mie (Noodle Division). Penelitian ini difokuskan pada proses packaging dan padagudang finish good. Penelitian ini dilakukan untuk mengamati packaging dengan karton dan mengawasi transportasi produk dari ruang packaging ke gudang finish good dengan conveyor. Setelah dilakukan pengamatan dan digunakan diagram pareto didapatkan 4 jenis cacat yaitu lepas lakban dengan 69,7%, karton tidak simetris dengan 13,9%, kode tidak jelas dengan 11%, dan karton sobek dengan 5,3%. Level sigma yang didapat setelah dilakukan perhitungan DPMO PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk berada pada level 3 yaitu rata – rata industri indonesia.


Keywords


pengendalian kualitas; six sigma; diagram pareto; FMEA;

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Ariastuti, Ni Luh Putu. 2013. “Pengendalian Kualitas Produk dalam Upaya Menurunkan Tingkat Kegagalan Produk Jadi”. Surabaya: Institut Teknologi Adhitma Surabaya.

Nastiti, Heni. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Produk dengan Metode Statistical Quality Control. Jurnal Manajemen. Jakarta: Universitas Pembangunan Negeri “Veteran”.

Trenggonowati, D.L. 2018. Pengendalian Kualitas Produk Baja Tulangan Sirip 25 dengan Menggunakan Metode SPC Di PT. Krakatau wajatama Tbk. Jurnal Industrial Sevicess Vol. 3 No. 2. 2018

Vitho, Ivan, dkk. 2013. Aplikasi Six Sigma Untuk Menganalisis Faktor- Faktor Penyebab Kecacatan Produk Crumb RUBBER SIR 20 Pada PT. XYZ. e-Jurnal Teknik Industri FT USU Vol 3, No. 4, November 2013 pp. 23-28.Fakultas Teknik, Universitas Sumatera Utara

Yuliasih, Ni Kadek. 2014. Analisis Pengendalian Kualitas Produk Pada Perusahaan Garmen Wana Sari Tahun 2013. Jurnal Ekonomi. Vol 4 No 1. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v14i2.5868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.