ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENGARUH KERUSAKAN TERHADAP PERKERASAN LENTUR (STUDI KASUS JALAN KOLEKTOR SEKUNDER-CILEGON)

Fakhruriza Pradana, Dwi Esti Intari, Desy Nathalia

Abstract


Seiring dengan berkembangnya kegiatan yang digeluti oleh penduduk Kota Cilegon, maka sistem jalan yang baik di perkotaan diperlukan untuk mengoptimalkan, terlebih di jalan kolektor sekunder. Maka, kerusakan jalan pada jalan kolektor sekunder perlu penanganan yang serius dan faktor-faktor pengaruh penyebab kerusakan jalan yang paling sering dianggap menjadi masalah bagi masyarakat diantaranya yaitu faktor daya dukung tanah, faktor sistem drainase yang kurang berfungsi dengan baik dan faktor persentase kendaraan berat yang melintas di suatu ruas jalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisa seberapa besar kontribusi faktor-faktor pengaruh, yaitu faktor daya dukung tanah, sistem drainase, persentase kendaraan berat terhadap tingkat kerusakan perkerasan lentur. Metode yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan data primer berupa hasil survei lalu lintas kendaraan, survei lapangan sistem drainase dan pengujian tanah serta data sekunder dengan cara meminta data melalui instansi terkait. Hasil penelitian ini di dapat bahwa besar kontribusinya sistem drainase adalah sebesar 88,7% dan kendaraan berat memiliki kontribusi adalah 65,2% serta daya dukung tanah memiliki kontribusi yang cukup besar juga terhadap tingkat kerusakan jalan adalah 56,7%


Keywords


perkerasan lentur; jalan kolektor sekunder; pengaruh kerusakan;

Full Text:

PDF

References


Bina Marga. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota.Direktorat Pembinaan Jalan Kota. Jakarta

Bina Marga, 1983. Pemeliharaan Jalan, Direktorat Pembinaan Jalan Kota: Jakarta.

Bina Marga, 1990. Petunjuk DesainDrainase Permukaan jalan, Direktorat Pembinaan Jalan Kota: Jakarta.

Djalante, Susanti, 2010. Evaluasi Kondisi dan Kerusakan Perkerasan Lentur di Beberapa Ruas Jalan Kota Kendari. Universitas Halu Uleo.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2011. Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah.Gajah Mada University Press.Yogyakarta.

Hardiyatmo, Hary Christady. 2009. Pemeliharaan Jalan Raya. Gajah Mada University Press.Yogyakarta.

Manurung, Mikael Abdi 2010. Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Sebagai Dasar Penentuan Perbaikan Jalan . Universitas Sumatera Utara.

Priyadi, Panji Arrie, 2008. Analisis Faktor-faktor Pengaruh terhadap Kerusakan Perkerasan Lentur pada Jalan Raya.Universitas Indonesia.

Pramana, Sangga, 2011. Kerusakan Jalan Aspal

Saudale, Andre R, 2014. Analisa Faktor Penyebab Kerusakan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan W. J. Lalamentik dan Ruas Jalan Gor Flobamora). Undana

Sukirman, Silvia, 1992. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova. Bandung

Sarwono, Jonathan. 2013. 12 Jurus Ampuh SPSS untuk Riset Skripsi. PT Elex Media Komputindo. Jakarta

Widarjono,Ph.D, Agus. 2015. Statistika Terapan dengan Excel & SPSS. UPP STIM YKPN. Jakarta

http://maps.google.com




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v12i2.6610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.