Pengaruh Laju Alir Udara Dan Ukuran Limbah Batang Daun Tembakau Terhadap Syngas Menggunakan Reaktor Gasifikasi Updaraft

Endang Suhendi, Aisah Hasanah, Syaidah Anjariyah

Abstract


Proses gasifikasi merupakan proses pemanfaatan biomassa yaitu dengan mengkonversi biomas (bahan padat) menjadi syngas. Biomassa salah satunya yaitu limbah batang daun tembakau karena jumlahnya yang melimpah dan belum dimanfaatkan dengan maksimal. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut memanfaatkan limbah batang daun tembakau menjadi syngas (CO, H2, CH4) sebagai sumber energi baru dalam proses gasifikasi, mendapatkan kondisi optimum dari proses gasifikasi dengan memvariasikan laju alir udara dan ukuran limbah batang daun tembakau terhadap syngas yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan reaktor gasifikasi updraft dengan kapasitas 2 kg. Penelitian dilakukan secara batch dengan pengujian terhadap limbah batang daun tembakau secara proksimat dan ultimat dilanjutkan dengan proses preparasi bahan dan proses gasifikasi. Hasil dari proses gasifikasi dianalisa menggunakan metode gas chromatography. Identifikasi zona tahapan proses gasifikasi dilakukan dengan pemasangan 4 titik pengukuran temperatur sepanjang reaktor gasifikasi untuk mendapatkan zona pengeringan, zona pirolisis, zona oksidasi dan zona reduksi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa, hasil optimum didapatkan pada laju alir udara 0,178 lpm dan ukuran limbah batang daun tembakau 0,44-0,64 mm menghasilkan syngas yaitu CO = 10,2 %v, H2 = 3,61 %v, CH4 = 1,61 %.


Keywords


Limbah Batang Daun Tembakau; Gasifikasi;

Full Text:

PDF

References


Ditjen MIGAS., 2008. Data Potensi Sumber Energi Biomassa di Indonesia. .

Ditjen Pertanian., 2012. Data Perkebunan Tembakau di Indonesia.

.

Belonio, T Alexis. 2005. Rice Husk Gas Stove Handbook. Iloilo. Filipina.

Basu, P. 2010. Biomassa Gasification And Pyrolisis : Practical Design. Uk : Elsevier.

Cahyono. 1998. TembakauBudidayadanAnalisis Usaha TaniKanisius. Yogyakarta.

Abdullah A., danSudarmanto. 1982. BudidayaTembakau. Jakarta: CV Yasaguna

Mathieu, P. danDubuisson, R. 2002. Performance Analysis Of Biomass Gasifier. Journal of Energi Convertion and Management, Vol 43, pp 1291-1299.

Susanto, H. 2004. Penerapan Teknologi Gasifikasi. Poster.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v12i1.6617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.