Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku pada Underpass Cibubur dengan Metode Bina Marga dan NAASRA
Abstract
Jalan Trans Yogie, Cibubur sering mengalami kemacetan yang padatmaka pemerintah berencana membangun underpass di daerah Cibubur untuk mengantisipasi kemacetan.Perkerasan jalan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah perkerasan kaku (rigid pavement) yaitu perkerasan struktur yang terdiri dari plat beton semen yang bersambung (tidak menerus), atau menerus, tanpa atau dengan tulangan terletak diatas lapis pondasi bawah, tanpa atau dengan lapisan aspal sebagai lapis permukaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tebal lapis perkerasan kaku yang dibutuhkan, mengetahui perbedaan hasil perhitungan tebal lapis perkerasan kaku dengan metode Bina Marga Pd T-14-2003 dan metode National Associations of Australian State Road Authorities (NAASRA) 1987 dan mengetahui biaya pembangunan perkerasan kaku pada Underpass Cibubur. Pengumpulan data dilakukan melalui survey data lalu lintas harian pada jalur tersebut dan nilai CBR dari Kementerian Pekerjaan Umum.Data yang didapat digunakan untuk menghitung tebal perkerasan kaku dengan metode Bina Marga 2003 dan NAASRA 1987. Berdasarkan dari hasil perhitungan didapat tebal perkerasan kaku pada Bina Marga 2003 adalah 24 cm dengan biaya Rp. 1.360.097.000,00 dan tulangan berdiameter 16 mm dengan jarak 500 mm. Sedangkan NAASRA 1987 adalah 22 cm dengan biaya Rp. 1.269.563.000,00 dan tulangan berdiameter 16 mm dengan jarak 500 mm.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
AASHTO Guide for Design of Pavement Structures 1986. (1986), Washington D.C: American Association of State Highway and Transportation Officials
AASHTO Interim Guide for Design of Pavement Structures 1972 2nd ed. (1974), Washington D.C: American Association of State Highway and Transportation Officials
ACI 318R-83, Commentary on Building Code Requirements for Reinforced Concrete (ACI 318-83). (1983), Detroit, Michigan: American Concrete Institute
Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. (1988), SKBI (Standar Konstruksi Bangunan Indonesia), Petunjuk Perencanaan Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) SKBI.2.3.28.1988, UDC. 625.84(026), Jakarta: Author
Departemen Perkerjaan Umum Republik Indonesia. (1991), Standar Tata Cara Perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan GedungSK SNI T-15-1991-03, Bandung: Yayasan LPMB
Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah. (2003),
Pedoman Konstruksi dan Bangunan Perencanaan Perkerasan Jalan Beton Semen Pd T-14-2003, Jakarta: Author
Gunadarma University Library. April 19, 2012. http://library.gunadarma.ac.id/15564-43753-1-PB.pdf/
Hendarsin L., Shirley. (2000), Perencanaan Teknik Jalan, Bandung: Politeknik Negeri Bandung-Jurusan Teknik Sipil
Hutomo, Rifan Abdi. Perencanaan Tebal Perkerasan Beserta Anggaran Biayanya Pada Lajur Khusus Bus Trans Pakuan Kota Bogor Koridor Terminal Bubulak-Pool Bus Wisata Baranangsiang, Jakarta: Tugas Akhir S-1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Gunadharma
Jalan Beton Dan Tulangannya, Februari 7, 2014. http://wiryanto.wordpress.com/2010/09/19/jalan-beton-dan-tulangannya/Pavement Design, A Guide to The Structural Design of Road Pavements 1st ed. (1987), Australia: National Association of Australian State Road Authorities (NAASRA)
Purnama, Dicky Dian. (2011), Perencanaan Tebal Lapis Perkerasan Kaku dengan Menggunakan Metode Bina Marga 2003 dan Beam On Elastic Foundation, Cilegon: Tugas Akhir S-1 Jurusan Teknik Sipil Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Suryawan, Ari. (2005), Pekerjaan Jalan Beton Semen Portland (Rigid Pavement), Beta Offset
White, Geoerge R. , Padvoiskis , .Raymond J. (1975), Principles of Quality Concrete, Portland CementAssociation. New York:
Yoder, E.J., Witczak, M.W. (1975), Principles of Pavement Design 2nd ed. New York: A Wiley-Interscience Publication JOHN WILEY SONS, INC.
DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v12i1.6623
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.