PENGONTROLAN KUALITAS DENGAN MENGGUNAKAN DIAGRAM KONTROL DEMERIT

Faula Arina

Abstract


Diagram kontrol Demerit merupakan pengembangan dari diagram kontrol u yang mendekati kenyataan dari kecacatan suatu produk dengan cara memberikan bobot pada tipe-tipe kecacatan yang terjadi. Pada penelitian ini akan dilakukan studi tentang diagram kontrol demerit dan aplikasinya pada data atribut proses injection molding line yang memproduksi leakproof plastic container yang telah dikelompokkan menjadi beberapa kriteria kecacatan dan mengukur kapabilitas proses. pengontrolan kualitas produksi dengan menggunakan diagram kontrol demerit belum terkendali. Setelah dilakukan penghilangan data pengamatan, didapat diagram kontrol demerit yang terkendali dan dilakukan pengukuran kapabilitas proses. Berdasarkan perhitungan didapatkan nilai kapabilitas proses kurang dari 1. Maka proses injection molding line yang memproduksi leakproof plastic container belum kapabel.


Keywords


diagram control demerit; kapabilitas proses; injection molding;

Full Text:

PDF

References


Bothe, R D .1997.Measuring Proses Capability (Tecniques and Calculations for Quality and Manufacturing Enginears). Mc Graw-Hill : New York.

Cornely, Michael D, Jones, Allison, Woodall, William H. 1999. Exact properties of demerit control charts. Journal of Quality Technology. Milwaukee Vol.31 no. 2, hal 207-217.

David, A.N. dan Harried, B.N. 2000. A Demerits Cntrol Chart for Autocorrelated Data. Quality Engineering, vol. (13) no. 2, hal 179 – 190.

Montgomery, DC. 1996. Pengantar Pengendalian Kualitas, Third Edition.Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Montgomery, D.C. 2005. Introduction to Statistical Quality Control, 5th Edition, John Wiley & Sons.

Smallwood M, 2006, Demerit Control Chart, Quality Management , hal 1-5.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v9i2.6696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.