OPTIMASI PARAMETER PEMESINAN END MILL MATERIAL BAJA KARBON RENDAH MENGGUNAKAN RESPONSE SURFACE METHOD (RMS)

Faula Arina, Muhammad Adha Ilhami, Dian Friana Hidayat

Abstract


Setiap komponen mesin, umumnya dibuat dari logam yang memiliki bentuk beraneka ragam. melalui proses pemesinan sehingga menghasilkan bentuk yang diinginkan. Di dalam proses, pengaturan parameter pemesinan yaitu kecepatan potong (cutting speed), kecepatan pemakanan (federate) dan kedalaman potong (depth of cut) penting untuk dilakukan karena tingkat kekasaran permukaan yang tinggi dapat berpengaruh pada permukaan logam yang tidak bercahaya/buram serta kasar. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah meminimumkan kekasaran permukaan (surface roughness) logam baja rendah dengan menggunakan Response Surface Methodology (RSM) pada proses pemotongan oleh mesin CNC milling 3-axis. RSM terdiri dari dua tahap yaitu percobaan orde pertama dan orde dua. Pada orde pertama percobaan dilakukan sebanyak tiga kali yaitu untuk penyaringan faktor (screening factor) menggunakan factorial desain, steepest descent dan percobaan ketiga untuk menguji kesesuaian model orde satu. Sedangkan pada orde keduadilakukan percobaan sekali yaitu untuk central composite design. Pada penelitian ini factor awal yang diduga berpengaruh yaitu kecepatan potong (cutting speed), kecepatan pemakanan (feedrate) dan kedalaman potong (depth of cut) dengan masing-masing level faktor yaitu 70 dan 90 m/min, 0,1 dan 0,25 mm/min dan 0,22 dan 0,5 mm. Hasil dari penelitian ini yaitu percobaan dari orde satu diperoleh prediksi persamaan model y = 1,1447-0,158 x1 + 0,064 x2 dengan faktor yang berpengaruh secara signifikan adalah kecepatan potong dan kecepatan pemakanan dengan respon tingkat kekasaran permukaan. Hasil proses pemotongan CNC milling 3-axis yang optimum diperoleh sebesar 0,9227 µm dengan level factor untuk kecepatan potong dan kecepatan pemakanan adalah 110 m/min dan 0,225 mm/min.


Keywords


CNC milling 3-axis; central composite design; Response Surface Methodology; steepest descent;

Full Text:

PDF

References


Bradley.N 2007. The Respone Surface Methodology. Master’s Thesis Department of Mathematical Sciences Indiana University of South Bend.

Draper, Norman dan Smith, 1992. Analisis Regresi Terapan Edisi Kedua. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Handoko dan Prayoga. 2008. Studi Parameter Permesinan Optimum Pada Operasi CNC End Milling Surface Finish Bahan Alumunium. Prosiding Seminar Nasional Teknoin Vol 5, hal. 56 -64.

Lou, Mike S. Chen, Joseph C. dan Li, Caleb M. 1998. Surface Roughness Prediction Technique For CNC End-Milling. Journal of Industrial Technology, vol. (15) no. 1, hal 87-97

Montgomery, D.C. 2001. Design and Analysis of Experimental. John Wiley & sons, Inc.New York.

Myers, Raymond H. dan Montgomery D.C. dan Cook, Christine M., Anderson. 2009. Response Surface Methodology : Process and Product Optimization Using Designed Experiments – 3rd Edition. John Wiley & Sons, Inc. USA

Suteja, T.J, Susila. dan Aquarista. 2008. Optimasi Permesinan Milling Fitur Pocket Material Baja Karbon Rendah Menggunakan Respone Surface Methodology. Jurnal Teknik Mesin vol. (10) no. 1, 1-7

Yang, J.L.,dan Chen, J.C. 2001. A Systematic Approach for Identifying Optimum surface Roughness Performance in End-Milling Operations. Journal of Industial Technology, vol. (17) no.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v8i2.6716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.