Implementasi data mining untuk menentukan strategi penjualan buku bekas dengan pola pembelian konsumen menggunakan metode apriori

Ira Zulfa, Rayuwati Rayuwati, Khaidir Koko

Abstract


Proses jual beli yang ada pada toko buku bekas memiliki kendala, yaitu penyimpanan data penjualan masih secara tertulis. Hal itu berakibat pada sulitnya menemukan buku yang diinginkan karena penyusunan buku belum rapi. Penggunaan teknik data mining diharapkan dapat membantu mempercepat proses pencarian buku serta memenuhi kebutuhan pelanggan, salah satunya metode apriori. Metode Apriori berguna dalam penyusunan itemset. Tahapanan algoritma dari metode apriori ini dimaksudkan untuk menghasilkan dataset serta frekuensi dari data transaksi pembelian produk pada bulan desember tahun 2019. Berdasarkan analisis data, hasil persentase yang didapatkan mendekati 100% dan tidak ada persentase nilainya yang kurang dari 15% sehingga dapat disimmpulkan metode Apriori berhasil mencapai hasil yang maksimal.

 

The process of buying and selling in a used bookstore has a constraint, namely storing sales data is still in writing. That results in difficulty finding the desired book because the book's arrangement is not neat. The use of data mining techniques is expected to help speed up the book search process and meet customer needs, one of which is the apriori method. The apriori method is useful in preparing itemset. The staging algorithm of the apriori method is intended to produce a dataset and the frequency of product purchase transaction data in December 2019. Based on data analysis, the percentage obtained is close to 100%. There is no percentage value of less than 15%, so that the Apriori method can be successfully concluded to achieve maximum results.


Keywords


Data mining, apriori, supporting, confidence

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Rukmana, E. N., & Komariah, N. (2017). Strategi pemasaran informasi toko buku (studi kasus di Toko Buku Jatinangor, Sumedang). Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, vol. 13, no. 2, pp. 131–141.

Aprilla, D., Baskoro, D. A., Ambarwati, L., & I. W. S. Wicaksana. (2013). Belajar Data Mining dengan Rapid Miner. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Firmansyah, M. A. (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek. Pasuruan: Penerbit Qiara Media.

Budiyati, E., Hurniningsih, H., & Lusita, M. D. (2020). Implementasi metode algoritma apriori untuk penempatan buku pada rak perpustakaan STMIK Jakarta. Journal of Information System, Informatics and Computing, vol. 4, no. 1, pp. 30-39.

Kusumo, H., Sediyono, E., & Marwata, M. (2019). Analisis algoritma apriori untuk mendukung strategi promosi perguruan tinggi. WJIT: Walisongo Journal of Information Technology, vol. 1, no. 1, pp. 51-62.

Pitoy, C. V. (2016). Analisis strategi bersaing dalam persaingan usaha bisnis document solution (studi kasus pada PT. Astragraphia, Tbk Manado). Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, vol. 16, no. 3, pp. 302-312.

Romdoni, M. Y., & Kamil, E. N. (2018). Rancang bangun digital arsip kepegawaian di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Serang. Journal Industrial Servicess, vol. 3, no. 2, pp. 98-107.

Marisa, F., & Purnomo, D. (2016). Penerapan algoritma apriori terhadap data penjualan di Toko Gudang BM. JOINTECS: Journal of Information Technology and Computer Science, vol. 1, no. 1, pp. 1-5.

Syahdan, S. A., & Sindar, A. (2018). Data mining penjualan produk dengan metode apriori pada Indomaret Galang Kota. Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, vol. 1, no. 2, pp. 56-63.

I Kamal, I. M., & Ilyas, R. (2017). Prediksi penjualan buku menggunakan data mining di PT. Niaga Swadaya. SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, vol. 5, no. 1, pp. 2.1.49-54.

Nurani, N., & Gani, H. (2017). Analisis keterkaitan data transaksi penjualan buku menggunakan algoritma apriori dan algoritma centroid linkage hierarchical method (CLHM). ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 9, no. 1, pp. 62-69.

Fahrurrozi, I., Gumilang, S. F. S., & Al Anshary, F. M. (2018). Pengembangan aplikasi marketplace jual beli buku bekas berbasis website pada startup “gebbuk”: Modul bisnis. eProceedings of Engineering, vol. 5, no. 2, pp. 3288-3296.

Sikumbang, E. D. (2018). Penerapan data mining penjualan sepatu menggunakan metode algoritma apriori. Jurnal Teknik Komputer, vol. 4, no. 1, pp. 156-161.

F. A. Hermawati. (2018). Data Mining. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rodiyansyah, S. F. (2015). Algoritma apriori untuk analisis keranjang belanja pada data transaksi penjualan. Infotech Journal, vol. 1, no. 2, pp. 36-39.

Nurdin, N. & Astika, D. (2015). Penerapan data mining untuk menganalisis penjualan barang dengan menggunakan metode apriori pada Supermarket Sejahtera Lhoksumawe. Jurnal Teknik Informatika, vol. 6, no. 1, pp. 132-155.

Rao, S., & Gupta, P. (2012). Implementing improved algorithm over apriori data mining association rule algorithm. International of Computer Science and Technology, vol. 3, no. 1, pp. 489-493.

Goswami, D. N., Anshu, C., & Raghuvanshi, C. S. (2010). An algorithm for frequent pattern mining based on apriori. International Journal on Computer Science and Engineering, vol. 2, no. 4, pp. 942-947.

Patel, B., Chaudhari, V. K., Karan, R. K., & Rana, Y. K. (2011). Optimization of association rule mining apriori algorithm using ACO. International Journal of Soft Computing and Engineering, vol. 1, no. 1, pp. 24-26.

Santoso, L. W. (2004). Pembuatan perangkat lunak data mining untuk penggalian kaidah asosiasi menggunakan metode apriori. Jurnal Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 49-56.

Larose, Daniel T. (2005). Discovering Knowledge in Data : An Introduction to Data Mining. USA: John Wiley & Sons, Inc.

Emha, K., & Luthfi, T. (2009). Algoritma data mining. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Setiawati, D. D. (2012). Penggunaan metode apriori untuk analisa keranjang pasar pada data transaksi penjualan minimarket. [skripsi]. Jakarta: Universitas Gunadarma.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2008). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (1997). Dasar-Dasar Pemasaran, Jilid I, Jakarta: Prenballindo.

Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.

Han, J., & Kamber, M. (2001). Data Mining Concept and Technique. San Fransisco: Morgan Kaufmann.




DOI: http://dx.doi.org/10.36055/tjst.v16i1.7601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

Teknika: Jurnal Sains dan Teknologi is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.