EVALUASI PROGRAM MODEL CIPP PADA PROSES PEMBELAJARAN MKU BAHASA INDONESIA

Yuliarti Yuliarti, Erwin Salpa Riansi, Achmad Sultoni, Suhailee Sohnui, Sumarwati Sumarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi model CIPP (Contexs, Input, Prosess, Product) yang diterapkan di UNTIRTA, mengevaluasi hasil belajar mahasiswa pada MKU Bahasa Indonesia dan mendeskripsikan keefektifan pembelajaran MKU Bahasa Indonesia menggunakan evaluasi model CIPP di UNTIRTA. Efektif atau tidak dalam pembelajaran ditunjukkan dari hasil ketercapaian pembelajaran dibandingkan dengan pembelajaran sebelumnya. Jenis Penelitian ini menggunakan kualitatif, untuk mencapai hasil pembelajaran yang efektif evaluasi model CIPP perlu dilakukan. Sumber data penelitian yaitu dosen MKU Bahasa Indonesia, wakil bidang kurikulum, serta Ketua prodi. Observasi, wawancara dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan. Hasil observasi dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data dari dokumentasi dan wawancara dianalisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan data dalam penelitian ini dihasilkan penelitian evaluasi CIPP dalam pembelajaran MKU Bahasa Indonesia telah memenuhi syarat pelaksanaan dan pembelajaran cukup efektif.


Keywords


Evaluasi, CIPP, Proses, Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Al Faruq, U. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. Jurnal CONTEMPLATE, 1(02).

Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Aspers, P., & Corte, U. (2019). What is qualitative in qualitative research. Qualitative sociology, 42(2), 139-160.

Dumas, D., McNeish, D., & Greene, J. A. (2020). Dynamic measurement: A theoretical–psychometric paradigm for modern educational psychology. Educational Psychologist, 55(2), 88-105.

Fusch, P. I., Fusch, G. E., & Ness, L. R. (2017). How to conduct a mini-ethnographic case study: A guide for novice researchers. The Qualitative Report, 22(3), 923.

Hidayad, A., Masrukan, M., & Kartono, K. (2017). Instrumen Asesmen Sikap Siswa Berbasis Konservasi pada Pembelajaran Matematika SMP. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 30-38.

Juwita, V. A., Sefianni, D., & Cahyorinartri, N. (2020, February). Pengembangan Kompetensi Dosen Wali:“Aku Siap Mendengar Dan Memahamimu”. In Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unjani Expo (Unex) (Vol. 1, No. 1, pp. 96-101).

Krismiyati, K. (2017). Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Negeri Inpres Angkasa Biak. Jurnal Office, 3(1), 43-50.

Ludwig, K., Arthur, R., Sculthorpe, N., Fountain, H., & Buchan, D. S. (2018). Text messaging interventions for improvement in physical activity and sedentary behavior in youth: systematic review. JMIR mHealth and uHealth, 6(9), e10799.

Milawasri, F. A. (2019). Analisis Idiom Dalam Berita Kriminal Pada Surat Kabar Sriwijaya Post Palembang (Kajian Semantik). Jurnal Bindo Sastra, 3(1), 29-38.

Nurafifah, V. (2019). Partisipasi Orang Tua Dalam Pembentukan Sikap Disiplin Peserta Didik Di Mi Negeri 03 Brebes Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, Universitas Peradaban).

Rusman, M. P. I. (2018). Efektifitas Evaluasi Model Cipp (Contexs, Input, Prosess, Product) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Smp Jati Agung Wage Sidoarjo.

Sakban, S., Nurmal, I., & Ridwan, R. B. (2019). Manajemen sumber daya manusia. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(1), 93-104.

Sari, I. D. P., & Rahmah, T. H. (2019). Virtual Discussion for EFL Students Establishing Three Domains: Cognitive, Affective, and Psychomotor. International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(3), 249-253.

Suryaningsih, C., & Munahefi, D. N. (2021, February). Penerapan Puzzle Bernuansa Etnomatematika Melalui Permainan Engklek Pada Materi Bangun Datar. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 4, pp. 111-118).

Walad, A. M., Razak, A., & Putri, D. H. (2019). Implementing Jigsaw Type of Cooperative Learning Model to Improve Students’ Cognitive, Affective and Psychomotor Domains in Learning Natural Science at Grade IX. 1 Smp Negeri 7 Sawahlunto. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 14(2), 329-337.

Wasiyem, W., Purba, H., & Karima, M. K. (2021). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi (Upaya Mewujudkan Good Citizenship).

Winkler, R., & Soellner, M. (2018). Unleashing the potential of chatbots in education: A state-of-the-art analysis.

Mulyono, Y., Sardimi, S., & Lestariningsih, N. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Biologi Terintegrasi Keislaman Di Madrasah Aliyah (MA): Model Evaluasi CIPPO. JURNAL TRANSFORMATIF (ISLAMIC STUDIES), 1(2), 247-258.

Yulianti, P., & Fitri, M. E. Y. (2017). Evaluasi prestasi belajar mahasiswa terhadap perilaku belajar dan motivasi belajar mahasiswa di perguruan tinggi kota padang provinsi sumatera barat. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 5(2), 242-251.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v6i2.13005

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia