EVALUASI PEMBELAJARAN SASTRA SEBAGAI ALTERNATIF PENINGKATAN BELAJAR DI SEKOLAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Sastra di Sekolah sebagai upaya menggiatkan peserta didik untuk lebih mencintai karya sastra terutama dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di sekolah. Melalui pembelajaran sastra dapat mengubah penilaian secara intelektual peserta didik menjadi pendidik dan orang tua. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif pustaka. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif yang bertujuan mendeskripsikan dan menganalisi mengenai Evaluasi Pembelajaran Sastra di Sekolah. Adapun analisis data yang digunakan analisis deskriptif yaitu menguraikan secara sistematis dari data yang diperoleh, penelitian ini menggunakan sumber data sekunder, seperti jurnal, website, dan buku-buku yang berkaitan dengan evaluasi pembelajaran sastra. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk memperoleh penilaain yang baik dalam pembelajaran sastra dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut : (1) memberikan kebebasan ide/gagasan bagi peserta didik dalam menciptkan suatu karya, (2) memberikan ruang atau waktu untuk menciptakan ide/gagasan agar mendaptakan hasil yang maksimal, (3) menggunaan diksi yang tepat untuk menciptkan keindahan suatu karya., (4) memperkenalkan karya-karya sastrawan Indonesia sebagai motivasi peserta didik untuk memahami sastra.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin. 2011. Pengantar Apresiasi Sastra. Bandung: sinar Baru.
Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Rosda Karya.
Rormawati. 2020. Pembelajaran Sastra Indonesia. Yogyakarta: Budi
Utama.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran. Depok: Raja Grafindo.
Wahyuningtyas, Sri dan Wijaya Heru Santoso. 2011. Sastra: Teori dan
Implementasi. Surakarta: Yuma Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1.14728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia