PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS EDITORIAL BERBASIS ALBURHANI UNTUK PESERTA DIDIK SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar menulis teks editorial berbasis Al Burhani serta mendeskripsikan kelayakannya. Pengembangan bahan ajar dirancang menggunakan metode penelitian pengembangan atau Research and Development (R & D) model Borg and Gall. Prosedur penelitian meliputi penelitian pendahuluan, pengembangan bahan ajar, dan produk bahan ajar. Data studi pendahuluan diperoleh melalui kuesioner yang dibagikan kepada peserta didik dan wawancara guru. Berdasarkan analisis kebutuhan, didesain prototipe bahan ajar menulis teks editorial berbasis Al Burhani. Desain bahan ajar terlebih dahulu diuji oleh pakar materi dan media kemudian diujicobakan dalam kelas kecil kemudian direvisi kembali lalu diujicobakan dalam kelas luas. Pada tahap ini juga, bahan ajar diuji kelayakannnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar menulis teks editorial berbasis Al Burhani layak digunakan oleh peserta didik SMA.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Bagir, Zainal Abidin. dkk.2005. Integrasi Ilmu dan Agama:Interpretasi dan Aksi. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Daryanto dan Aris Dwicahyono. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Keraf, Gorys. 2004. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Flores: Nusa Indah
Kosasih, E. 2016. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Bandung:Yrama Widya.
Kuncoro, Mudrajad. 2009. Mahir Menulis. Jakarta:Erlangga.
Nata, Abuddin. 2018. Islam dan Ilmu Pengetahuan. Jakarta: Prenada Media Group.
Rahardjo, Dawam. 2010. Merayakan Kemajemukan, Kebebasan, dan Kebangsaan. Jakarta: Prenada Media Group.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tolchah, Moch. 2015. Dinamika Pendidikan Islam Paca-Orde Baru. Yogyakarta:LKIS Pelangi.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1.14766
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia