CITRAAN PADA ANTOLOGI SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUISI KARYA JOKO PINURBO

Herwan Herwan, Ade Anggraini Kartika Devi, Fitria Anggraini Diwansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis citraan terdapat dalam antologi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi karya Joko Pinurbo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yaitu teknik simak dan catat. Sumber data yang digunakan adalah puisi-puisi dalam kumpulan puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi karya Joko Pinurbo. Simpulan penelitian ini adalah kumpulan puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi karya Joko Pinurbo mengandung jenis-jenis citraan. Menurut pembacaan kumpulan puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi karya Joko Pinurbo secara heuristik bahwa puisi-puisinya menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dimengerti, dan ekspresif dalam memainkan kata. Buku kumpulan puisi Selamat Menunaikan Ibadah Puisi karya Joko Pinurbo dapat dijadikan sebagai bahan ajar sastra di SMA.


Keywords


Citraan, puisi, Joko Pinurbo

Full Text:

PDF

References


Al-Ma’ruf, A. I. (2009). Stilistika: Teori, Metode, dan Aplikasi Pengkajian Estetika Bahasa. Surakarta: Cakra Books Solo.

Endraswara, Suwardi. (2013). Metodologi Penelitian Sastra: Epistemologi, Model, Teori, dan Aplikasi. Yogyakarta: CAPS.

FR, Herwan. (2008). Ayo Menulis Puisi. Bogor: Surba Indah Mandiri.

Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90-100.

Munir, S. (2013). Diksi dan majas dalam kumpulan puisi Nyanyian dalam Kelam karya Sutikno WS: Kajian stilistika (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Munir, S. (2013). Diksi dan majas dalam kumpulan puisi Nyanyian dalam Kelam karya Sutikno WS: Kajian stilistika (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Nurgiyantoro, Burhan. (2011). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: UGM Press.

_________________. (2017). Stilistika. Yogyakarta: UGM Press.

Pinurbo, Joko. (2020). Selamat Menunaikan Ibadah Puisi. Jakarta: Gramedia.

Pradopo, Rakhmat Joko. (2010). Pengkajian Puisi: Analisis Strata Norma dan Analisis Strutural dan Semiotik. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. (2013). Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarbini, W. (2015). Citraan dalam Kumpulan Puisi Tuhan Kita Begitu Dekat Karya Abdul Hadi WM: Kajian Stilistika dan Implementasinya dalam Pelajaran Bahasa Indonesia di SMA (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sugihastuti. (2000). Wanita di Mata Wanita: Perspektif Sajak-Sajak Teoti Heraty. Bandung: Nuansa Cendekia.

Wellek, R., & Austin Warren. (2014). Teori Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v7i1.14901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia