PERBANDINGAN KARAKTERISTIK BAHASA IKLAN PADA SITUS BELANJA ONLINE SHOPEE DAN TOKOPEDIA

Dewi Pertiwi Kusumawati, Dewi Kusumaningsih, Mukti Widayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan bahasa iklan dan perbandingan karakteristik bahasa iklan yang digunakan pada situs belanja online Shopee dan Tokopedia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik simak, teknik catat dan teknik dokumentasi. Metode teknik menyimak semua tulisan-tulisan yang ada pada iklan Shopee dan Tokopedia, teknik mencatat data yang sudah dispesifikan dalam sumber data, mengkalsifikasikan data yang terdapat pada penggunaan bahasa iklan dan teknik dokumen yang berbentuk gambar/foto, yang digunakan peneliti berbentuk gambar screenshoot iklan-iklan situs belanja online Shopee dan Tokopedia. Dengan penggunaan kata dan kalimat sebagai unsur dasarnya. Bahasa yang berhubungan dengan tata cara penulisan kosa kata atau kalimat yang menuntut adanya kelengkapan struktur bahasa iklan. Hasil penelitian penggunaan bahasa iklan pada kedua situs belanja online dengan penggunaan kata dan kalimat yang hampir sama untuk memikat konsumen. Karakteristik bahasa iklan pada situs belanja online Shopee dan Tokopedia menunjukan adanya kata atau kalimat yang menggugah, informatif, persuasif dan komunikatif.


Keywords


karakteristik, bahasa iklan, Shopee dan Tokopedia

Full Text:

PDF

References


Adi, W. (2019). Analisis Tekstual Gaya Bahasa Iklan Harbolnas Versi Sakit Jiwa Toko Online Bukalapak.Com di Internet. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 1–16. https://doi.org/10.21009/communicology.0602.01

Aini, M. (2020). Efektivitas Selebriti dalam Menarik Minat Konsumen pada Iklan Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNSIKA Banjarbaru.

Budiarti, novi yulia. (2020). Bentuk Register pada Iklan Properti dalam Situs Jual Beli Online Olx. Sustainability (Switzerland), 4(1), 1–9.

Dimas Tutik, A., Fitriani, N., & Inderasari, E. (2020). Variasi dan Fungsi Ragam Bahasa pada Iklan dan Slogan Situs Belanja Online Shopee. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 137–148.

Dwi Budiyanto. (2014). Aspek Persuasif dalam Bahasa Iklan Partai Politik. https://doi.org/10.1038/132817a0

Harjanto, I. (2010). (Bahasa) Iklan: Memahami dan Memanfaatkannya sebagai Materi Pelajaran Bahasa. 27, 18–32.

Hermawan, N. F. (2015). Bahasa dalam Iklan Layanan Masyarakat. Bahasa Dalam Iklan Layanan Masyarakat, 3(1), 1–19.

Hidayat, M. A. (2019). Desain Iklan pada Marketplace untuk Menarik Minat Konsumen ( Studi Iklan Online Shop Shopee ). Desain Iklan Pada Marketplace Untuk Menarik Minat Konsumen ( Studi Iklan Online Shop Shopee ), 1(3), 6.

Huhmann, B. A., & Albinsson, P. A. (2012). Does Rhetoric Impact Advertising Effectiveness with Liking Controlled? European Journal of Marketing, 46(11), 1476–1500. https://doi.org/10.1108/03090561211259943

Junieles, R., & Arindita N, S. F. (2020). Karakteristik dan Fungsi Bahasa Iklan Bisnis Layanan Aplikasi Chatting diYoutube. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 28–37. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.3314

Karlina, S., Nobelson, & Yuliniar. (2020). Analisis Perbandingan Strategi Pemasaran pada Toko Online (Studi pada Shopee, Bukalapak, Lazada, dan Tokopedia). Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 1(0), 701–713.

Kusumaningsih, D. (2018). Makna Kontekstual Tindakan direktif pada Kosmetik Wardah Waktu Iklan. 10, 515–524.

Mubarok, M. A. R. M., & Rohaedi. (2021). Variasi Bahasa Slogan dalam Iklan Situs Belanja Daring Tokopedia : Kajian Sosiolinguistik. Bapala, 8(5), 187–196.

Norhabiba, F., Palupi, M. F. T., & Rohimah, A. (2019). Hubungan Terpaan Iklan Shopee serta Tokopedia, Akses Aplikasi dan Minat Membeli pada Mahasiswa Untag Surabaya. Jurnal Komunikasi Dan Kajian Media, 3(2), 93–101. https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/1885

Nur Baiti, H. U., & Yanti, F. (2021). Relevansi Iklan Shopee Cod: Sebuah Kajian Pragmatik. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, 2(1), 49–72. https://doi.org/10.22515/tabasa.v2i1.3493

Nurcahyanie, Y. D., Singgih, M. L., & Dewi, S. (2022). Implementasi Online Product Review dan Inovasi Busana Muslim untuk Ketahanan Masa New Normal di Indonesia.

Oktavia, W., Sucipto, A., Informasi, S., Teknik, F., & Indonesia, U. T. (2021). Rancang Bangun Aplikasi E-marketplace untuk Produk Titik Media Reklame Perusahaan Periklanan ( Studi Kasus : P3I Lampung ). 2(2), 8–14.

Safitr, N., & Yuliyanto, A. (2021). Variasi Bahasa dalam Iklan Provider By.U. Bapala, 8, 88–98.

Savitri, N. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 6(8), 253221.

sriyanto. (2016). Pemanfaatan Unsur Lokal dalam Ragam Bahasa Iklan. Kibas Cenderawasi, 13.

Sylvie Nurfebiaraning, B. D. S. N. (2019). Makna Pesan Non Verbal dalam Iklan Tokopedia “Jadikan Ramadan Kesempatan Terbaik.” Bahasa Sastra, 6(2), 4933–4944.

Theodora, N. (2013). Studi Tentang Ragam Bahasa Gaul di Media Elektronika Radio pada Penyiar Memora-FM Manado. Acta Diurna, II(I), 105–112.

Wahyudi, D. (2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruh Keputusan Pembelian Via Internet pada Toko Online Mujiyana, Ingge Elissa. 8. www.internetworldstats.com

Watson, R. T., & Webster, J. (2020). Analysing the past to prepare for the future: Writing a literature review a roadmap for release 2.0. Journal of Decision Systems, 29(3), 129–147. https://doi.org/10.1080/12460125.2020.1798591

Yulia Agustin. (2015). Penggunaan Bahasa Iklan pada Papan Reklame (Studi Survei Sepanjang Kampung Rambutan Sampai dengan Lebal Bulus). Proceedings of the National Academy of Sciences, 3(1), 1–15. 1/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i1.16792

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia