ANALISIS PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) DI SEKOLAH DASAR: SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW

Pajar Reza Pitria, Herlina Usman, Aprianti Derlis

Abstract


Kesulitan membaca masih banyak dialami oleh beberapa siswa, permasalahan ini terletak pada siswa yang masih kesulitan memahami huruf vocal dan huruf konsonan Penelitian ini mengkaji mengenai penggunaan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan di sekolah dasar. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu Systematic Review (SR) melalui kajian pada artikel-artikel dengan topik serupa.  Data diperoleh melalui Google Scholar yang diunduh sejak 12 November 2022 sampai 5 Desember 2022. Didapatkan 64 artikel yang sesuai, setelah dilakukan seleksi yang sesuai dengan kategori inklusi, tersisa 20 yang selanjutnya menjadi data penelitian untuk ditelaah.. Hasil dari penelitian ini adalah metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) dianggap mampu dan relevan dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan di sekolah dasar.


Keywords


SAS, Membaca Permulaan, Kesulitan Membaca

Full Text:

PDF

References


Aida, S., Suprapti, A., & Nasirun, M. (2018). Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Melalui Metode Struktural Analitik Sintetik Dengan Menggunakan Media Audio Visual. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(2), 56–63. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.111-118

Akrom, A., & Farhurohman, O. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DENGAN METODE STRUKTUR ANALITIK SINTETIK (SAS). Ibtida’i: Jurnal Kependidikan Dasar, 9(1), 13–28. https://doi.org/10.32678/ibtidai.v9i1.6014

Aminah, S., & Yuliawati, F. (2018). Pengaruh Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas I di SD Muhammadiyah Kleco 1 Yogyakarta. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 1–16. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v10i1.126

Anwar, M. F. N., Wicaksono, A. A., & Pangambang, A. T. (2022). Penggunaan Metode SAS Berbantuan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan. Musamus Journal of Primary Education, 5(1), 57–64. https://doi.org/10.35724/musjpe.v5i1.4367

Artika, Y. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Struktur Analitik Sintetik (SAS) pada Siswa Kelas 1 MIN 5 Seluma. SKULA: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Madrasah, 2(3), 71–80.

Aulia, L. S., & Munajah, R. (2021). Studi Deskriptif Membaca Permulaan Di Kelas Ib Sdn Pancoran 07 Pagi Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 67–76. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v5i1.857

Devianty, R. (2017). Bahasa sebagai cermin kebudayaan. Jurnal Tarbiyah, 24(2). http://dx.doi.org/10.30829/tar.v24i2.167

Fajari, U. N. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa pada Materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Jurnal Kiprah, 8(2), 113–122. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2071

Hasibuan, S. (2019). Penggunaan Metode SAS Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 106162 Medan Estate. SCHOOL EDUCATION JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 9(2), 184–190. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v9i2.13712

Herlina, H. (2016). Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris Melalui Metode Sq4R. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 11(1), 29–35. https://doi.org/10.21009/jiv.1101.4

Khotimah, H., Harjono, H. S., & Hadiyanto. (2019). PENGGUNAAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PERMULAAN: The Use Of The Sas (Synthetic Analytical Structural) Method In Beginning Reading Learning. Jurnal Pendidikan Tematik Dikdas, 4(2), 13–27.

Kusumastuti, A. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK). BASIC EDUCATION, 8(19), 1848–1857.

Lestari, N. D. D., Ibrahim, M., Amin, S. M., & Kasiyun, S. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Menghambat Belajar Membaca Permulaan Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2611–2616. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1278

Lisnawati, L., & Muthmainah, M. (2018). Efektivitas Metode Sas (Struktur Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Bagi Anak Lambat Belajar (Slow Learner) Di Sdn Demangan. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 81–100. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1468

Muhyidin, A., Rosidin, O., & Salpariansi, E. (2018). Metode pembelajaran membaca dan menulis permulaan di kelas awal. JPsd (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 4(1), 30–42. http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v4i1.2464.g2357

Nursuci, A. K., & Kaltsum, H. U. (2022). Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5714–5720. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3118

Taseman, Akhmad, Puspita, A., & Sari, D. P. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Bahrul Ulum Surabaya. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 138–147. https://doi.org/10.37216/badaa.v3i2.508

Pitria, P. R., Nur’aeni L, E., & Muharram, M. R. W. (2021). Model Pembelajaran Spade: Solusi Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Geometri Di Sekolah Dasar (Tinjauan Sistematis). De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 112–124.

Pulukadang, W. T. (2018). Pembelajaran Terpadu. Ideas Publishing.

Qiu, W. (2014). Aristotle’s definition of language. International Journal of English Literature and Culture, 2(8), 194–202. https://doi.org/10.14662/IJELC2014.056

Rafika, N., Kartikasari, M., & Lestari, S. (2020). Analisis kesulitan membaca permulaan pada siswa sekolah dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 2, 301–306.

Rasyo, R. (2021). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan di SDN 4 Pamulihan Subang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1965–1970. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1741

Resmayeni, R. (2021). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA DENGAN MENERAPKAN METODE SAS PADA SISWA KELAS I UPTD SD NEGERI 05 KUBANG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. JELISA (Jurnal Edukasi Dan Literasi Bahasa), 2(1), 94–109. https://doi.org/10.36665/jelisa.v2i1.591

Sari, N., Daulay, M. I., & Nurhaswinda, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Metode Struktur Analisis Sintesis (SAS) Di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(1), 231–238. https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1209

Siddaway, A. P., Wood, A. M., & Hedges, L. V. (2019). How to Do a Systematic Review: A Best Practice Guide for Conducting and Reporting Narrative Reviews, Meta-Analyses, and Meta-Syntheses. Annual Review of Psychology, 70, 747–770. https://doi.org/10.1146/annurev-psych-010418-102803

Silfiyah, A., Ghufron, S., Ibrahim, M., & Mariati, P. (2021). Pengaruh Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3142–3149. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1321

Suastika, N. S. (2018). Problematika Pembelajaran Membaca dan Menulis Permulaan di Sekolah Dasar. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.25078/aw.v3i1.905

Syawaluddin, A., Faisal, M., & Risal, R. (2018). Pengaruh Metode SAS (Struktural Analisis Sintesis) Tehadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 8(3), 244–250. http://dx.doi.org/10.26858/publikan.v8i3.6922.

Tahrim, T., dkk. (2021). Pengembangan Model dan Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Tauhid, R. (2022). Implementasi Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) untuk Meninggkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SD Negeri 44 Halmahera Selatan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(20), 123–128. https://doi.org/10.5281/zenodo.7238960

Ulfa, A., Lailatussaadah, L., & Raziah, R. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA MELALUI PENERAPAN METODE SAS (STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK) PADA SISWA KELAS 1 SD NEGERI 55 BANDA ACEH. Jurnal Intelektualita, 10(02), 105–118.

Usman, H., Anwar, M., Zakiah, L., & Laratmase, A. J. (2021). Pelatihan Multimedia Interaktif Berbasis TPACK bagi Guru-Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Klapa Nunggal Kabupaten Bogor Jawa Barat. Jurnal Perduli, 2(1), 1–11

Wardiyati, H. (2019). Penerapan Metode Sas (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1083–1091. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v3i6.7837




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i1.18474

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia