MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS BERITA FAKTUAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI METODE WACANA KRITIS
Abstract
Artikel ini mengeksplorasi efektivitas penggunaan metode wacana kritis dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis berita faktual di sekolah menengah atas. Penelitian ini berfokus pada perubahan dalam pemahaman siswa tentang berita, kemampuan menulis berita faktual, dan pandangan mereka terhadap demokrasi dan media. Metode penelitian melibatkan wawancara dengan guru-guru yang menerapkan metode wacana kritis serta analisis teks naskah siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode ini memiliki dampak positif dalam semua area tersebut.
Keywords
Menulis Berita; Berita Faktual; Wacana Kritis.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v8i1.22428
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia