EFEKTIVITAS PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH
Abstract
Revolusi Industri 4.0menjadi tantangan bagi akademisi dan praktisi di bidang pendidikan. Kemajuan teknologi belumberimbang dengan kemampuan tenaga pengajar untuk berinovasi dalammenyusunmedia pembelajaran. Media pembelajaran yang tidak bervariasimenyebabkan siswa tidak dapatmenyerapmateri selama proses pembelajaran, terlebih pembelajaran karya tulis ilmiah.Waktu pembelajaran di sekolahyang relatif singkat, siswa dituntut untukmemadukan informasi dan kemampuanberpikir kritis untukmenanggapi fenomena di sekitarnya. Berdasarkan
hal tersebut, multimedia interaktif model ASSURE (Analyze, State, Select, Utilize, Require, dan Evaluate) sangat relevanmengatasi masalah tersebut. Penelitian inimenggunakanmetode research and development yangmenghasilkan produk berupa software dan website.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alwasilah, Chaedar. (2007). Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat Buku Utama
Anshori, S. Dadang. (2008). Peningkatan Kompetensi Menulis Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru Bahasa Indonesia. Makalah Tidak diterbitkan. Bandung: UPI
Cahyani, Isah (2016). Pembelajaran Menulis. Bandung: UPI Press.
Darmawan, Deni. (2011). Teknologi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Daryanto dan Syaiful Karim. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarya: Gava Media.
Goddard, Y. L. & Carole S. (2008). Effects of Self-Monitoring on The Narrative and Expository Writing of Four Fourth-Grade Students with Learning Disabilities. Reading & Writing Quarterly, Vol. 24, hlm. 408–433.
Kurniawan, Khaerudin. (2018). Karakteristik Bahasa Komunikasi Ilmiah: Studi pada Jurnal Bahasa dan Sastra Dilihat dari Kadar Keilmiahannya. Jurnal Lingua XIV (2): 214-225
Munadi. (2013). Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.
Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Pribadi, Benny A. (2017). Media dan Teknologi dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Riansi, Erwin Salpa, Desma Yuliadi Saputra. (2019). Multimedia Interaktif Berbasis Android sebagai Implementasi Revolusi Industri 4.0 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas. Seminar Internasional Riksa Bahasa XIII. Universitas Pendidikan Indonesia: 1207—1214.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Sejati, Andri Estining, dkk. (2016). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Study terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Geografi SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (2): 80-86.
Smaldino, E. Sharon, dkk, (2019). Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Diterjemahkan oleh Arif Rahman dari Instructional Technology and Media for Learning (edisi ke-9). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.
Suryani, Nunuk, dkk. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangan-nya. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ulfah, Maria, dkk. (2013). Teknik Peer-Correction untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran Menulis Karya Ilmiah Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya. (2) 2. 1-12
Yuniawan, Tommi., dan Endah Dyah Wardani. (2008). Model Pembelajaran Elemen Inkuiri dalam Peningkatan Kompetensi Menulis Karya Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Semarang. Journal of Educational Research Lembaran Ilmu Kependidikan (37) 1: 67—75.
Zainurrahman. (2013). Menulis: Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v5i2.24208
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia