ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT PADA TEKS POSTINGAN DAN KOMENTAR DI PLATFORM X DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2024 DI INDONESIA MELALUI PEMROGRAMAN PYTHON DAN METODE NAIVE BAYES

Rizki, Adelia, Nezalfa, Jasmine, Cahya Amanda, Yuandhika, Sabrina, Aulia, Eka Melati

Abstract


Pada tahun 2024 diadakan pemilihan umum untuk presiden dan wakil presiden. Seorang tokoh politik yang ingin mencalonkan diri sebagai presiden pasti akan mempertimbangkan popularitasnya berdasarkan opini masyarakat. Dalam hal ini, analisis sentimen masyarakat terhadap teks postingan dan komentar pada platform X menjadi sangat relevan dan esensial. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pola dan tren dalam opini publik terkait Pilpres 2024 melalui teks postingan dan komentar yang diunggah pada platform X, 2) mengevaluasi akurasi algoritma Naive Bayes untuk analisis sentimen di platform X, dan 3) mengidentifikasi sentimen positif dan negatif yang terkait langsung dengan Pilpres 2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan model Naive Bayes untuk klasifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola dan tren dalam opini publik terkait Pilpres 2024 melalui teks postingan dan komentar yang diunggah pada platform X yaitu mengarah pada nama tokoh "Ganjar" yang tampak pada visualisasi wordcloud bahwa tulisan nama Ganjar muncul berukuran paling besar yang artinya paling banyak dibicarakan publik, 2) Akurasi dari algoritma Naive Bayes untuk analisis sentimen di platform X berada dalam kategori rendah, yaitu sebesar 62,5%; dan 3) Identifikasi sentimen positif dan negatif yang terkait langsung dengan Pilpres 2024 menunjukkan akurasi sentimen positif yang sangat rendah  sebesar 43,75% dan akurasi sentimen negatif yang berada dalam kategori sedang, yaitu sebesar 81,25%.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v9i1.25788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia