PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMAN 17 PANDEGLANG
Abstract
Penelitian ini berbicara drama sebagai genre sastra, salah satu kegiatannya yaitu menganalisis unsur intrinsik naskah drama, dalam prosesnya memerlukan pendekatan proses kerja yang sistematis dan objektif dengan landasan berpikir logis. Tidak heran apabila siswa sering terjebak pada kerangka berpikir bahwa menganalisis dianggap pembelajaran yang rumit dan sulit. Sebagai usaha perbaikan permasalahan tersebut, pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik naskah drama salah satunya melalui penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik siswa kelas XI SMAN 17 Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik sampel purposive sampling. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dalam pembelajaran menganalisis unsur intrinsik drama masuk dalam kategori baik. Kesimpulan tersebut diambil hasil tes pada akhir pembelajaran. Hasil pengolahan data kemampuan menganalisis unsur intrinsik naskah drama siswa, diperoleh nilai tertinggi adalah 88 dan nilai terendah 53, sedangkan mean/rata-rata 68,1, modus 62,5, median 67,07 serta memiliki nilai simpangan baku 9,04.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi IV). Yogyakarta: Rineka Cipta.
Hasanuddin, WS. 2009. Drama Karya dalam Dua Dimensi: Kajian, Teori, Sejarah, dan Analisis. (Cetakan Edisi Revisi) Bandung: Angkasa.
Huda, Miftahul. 2003. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Paradigmatis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riduwan. 2010. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Remadja Rosda Karya.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Tarigan, Henry Guntur. 2011. Prinsip-prinsip Dasar Sastra. Bandung: Angkasa.
Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Presatasi Pustaka.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v2i2.2705
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)