PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DAN QUANTUM TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS FABEL SISWA KELAS VII MTSN 1 SERANG TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis teks fable dengan menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan Quantum. Penelitian ini adalah penelitian ekspearimen murni dengan desain penelitian control group pretest-posttest design. Populasi penelitian ini yakni seluruh siswa kelas VII MTsN 1 Serang Tahun Ajaran 2017/2018 pada semester II (genap) sejumlah 288 siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, dan sampel penelitian yaitu kelas VII F sebagai kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan VII E sebagai kelas eksperimen menggunakan model Quantum. Berdasarkan teknik analisis data menggunakan uji-t dua pihak dengan taraf signifikansi (Q =0,05). Hasil pengujian hipotesis data kelas yang menggunakan model pembelajaran Quantum menunjukkan –ttabel < thitung > ttabel = –2,002 < 7,403 > 2,002, Ha diterima. Hasil pengujian hipotesis data kelas yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle –ttabel < thitung > ttabel = –2,002 < 4,963 > 2,002, Ha diterima. Hasil pengujian hipotesis data posttest kelas yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan Quantum menunjukkan –ttabel < thitung > ttabel = –2,002 < 2,564 > 2,002, Ha diterima artinya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran Learning Cycle dan Quantum terhadap keterampilan menulis teks fabel pada siswa kelas VII MTsN 1 Serang. Kemudian, berdasarkan hasil posttest kelas yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dan Quantum yaitu 75,43 < 80,03 yang terpaut sebesar 4,6 poin. Dapat disimpulkan, bahwa pembelajaran menulis teks fabel yang menggunakan model pembelajaran Quantum lebih baik daripada yang menggunakan model pembelajaran Learning Cycle.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Dasna, I. W dan Fajaroh, F. 2008. Pembelajaran dengan Model Siklus Belajar (Learning Cycle).
De Porter. 2015. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta. BPFE.
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i1.3743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca (Bahasa dan Sastra Indonesia)