PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI

Andriyani Andriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Modeling The Way dan penguasaan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK PGRI Rangkasbitung tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel sebanyak 48 siswa yang dipilih berdasarkan penguasaan kalimat efektif tinggi dan penguasaan kalimat efektif rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas XI SMK PGRI Rangkasbitung baik. Hal ini ditunjukkan oleh data sampel penelitian. Dari 24 orang siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 80,08; median 84,25; modus 82,16; standar defiasi 5.82; dan nilai tertinggi 90. Hasil hitung statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif metode Modeling The Way dan penguasaan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi. Hal ini ditunjukkan oleh Thitung sebesar 8,38 dan Ttabel sebesar 2,074 yang berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran Modeling The Way dan penguasaan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK PGRI Rangkasbitung tahun pelajaran 2016/2017.


Keywords


Metode pembelajaran, penguasaan kalimat efektif, Keterampilan menulis karangan argumentasi

Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti; Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 2001. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Keraf, Gorys. 1997. Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III. Jakarta: PT Gramedia

Mulyani Sumantri dan Johar Permana.2001.Strategi Belajar Mengajar.Bandung.C.V Maulana, 2001

Finoza, Lamuddin. 2002. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia

Baharudin dan Wahyuni, E.N., 2007.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Penelitian Praktik). Jakarta. Rineka Cipta

Martinis Yamin.2007.Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.Jakarta.Gaung Persada

Ali, Lukman dkk.2001. Petunjuk Praktis Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.

Akhadiah, Sabarti; Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 2001. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5223

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia