PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DAN PENGUASAAN KALIMAT EFEKTIF TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Modeling The Way dan penguasaan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI SMK PGRI Rangkasbitung tahun pelajaran 2016/2017 dengan sampel sebanyak 48 siswa yang dipilih berdasarkan penguasaan kalimat efektif tinggi dan penguasaan kalimat efektif rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelas XI SMK PGRI Rangkasbitung baik. Hal ini ditunjukkan oleh data sampel penelitian. Dari 24 orang siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 80,08; median 84,25; modus 82,16; standar defiasi 5.82; dan nilai tertinggi 90. Hasil hitung statistik dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif metode Modeling The Way dan penguasaan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi. Hal ini ditunjukkan oleh Thitung sebesar 8,38 dan Ttabel sebesar 2,074 yang berarti terdapat pengaruh metode pembelajaran Modeling The Way dan penguasaan kalimat efektif terhadap keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas XI SMK PGRI Rangkasbitung tahun pelajaran 2016/2017.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhadiah, Sabarti; Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 2001. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Keraf, Gorys. 1997. Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III. Jakarta: PT Gramedia
Mulyani Sumantri dan Johar Permana.2001.Strategi Belajar Mengajar.Bandung.C.V Maulana, 2001
Finoza, Lamuddin. 2002. Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta: Insan Mulia
Baharudin dan Wahyuni, E.N., 2007.Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar Ruzz Media.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Penelitian Praktik). Jakarta. Rineka Cipta
Martinis Yamin.2007.Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi.Jakarta.Gaung Persada
Ali, Lukman dkk.2001. Petunjuk Praktis Berbahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa.
Akhadiah, Sabarti; Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan. 2001. Pembinaan Kemampuan Menulis. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v3i2.5223
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia