PERILAKU INHIBITOR KOROSI PADA RADIATOR
Abstract
Gangguan kecil pada sistem pendingin akan menyebabkan overheating pada engine. Salah satu penyebab mesin overheating karena permukaan dalam sistem radiator pendinginan dipenuhi kerak. Melihat permasalahan di atas, korosi pada sistem pendinginan terutama dalam radiator perlu dikendalikan. Pengendalian korosi ada beberapa metode, diantaranya dengan perlakuan inhibitor. Penelitian ini bertujuan untu mengetahui mekanisme korosi, jenis korosi yang terjadi dan menentukan jenis inhibitor yang mampu menghasilkan laju korosi paling rendah. Alat untuk menguji komposisi kimia radiator dengan menggunakan spectrometer. Sedangkan untuk mengetahui jenis korosi radiator menggunakan microscop optic. Pengujian laju korosi menggunakan tiga sel elektroda didasarkan pada metode eskstrapolasi tafel. Hasil pengujian perlakuan inhibitor asam nitrat dari penambah berbagai metode menunjukkan hasil paling optimal pada penambahan inhibitor asam nitrat sebesar 5%. Hal ini dibuktikan dari penurunan laju korosi dari 0,002207 mmpy menjadi 0,00171 mmpy.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.36055/fwl.v2i1.1360
Refbacks
- There are currently no refbacks.